Diposting : 2 May 2016 14:25
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
buruh
Wawali Denpasar IGN Jaya Negara saat ikut jalan sehat bersama ribuan buruh pekerja di Denpasar, Minggu, (1/5).

Denpasar, Bali Tribune

Memperingati Hari Buruh Internasional 2016 atau ‘May Day’, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Kota Denpasar menggelar jalan sehat, dengan start di areal parkir Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Minggu (1/5). Jalan sehat ini melibatkan, 50 perusahaan di Denpasar dengan jumlah peserta mencapai 1000 orang lebih.

Acara dibuka Wakil Walikota (Wawali) Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar Suteja Kumara dan Wakapolersta Kota Denpasar AKBP I Nyoma Artana.

Jalan sehat menempuh jarak sekitar empat kilometer dengan mengambil rute dari Jalan Mulawarman menuju Jalan Ahmad Yani, kemudian ke Jalan Ken Arok lanjut ke Jalan Cokro Aminoto, terus ke Jalan Gatot Subroto Tengah, balik lagi ke Jalan Ahmad Yani kemudian finish di areal parkir Gedung Graha Sewaka Dharma.

“Peringatan May Day di Denpasar ini merupakan pertama kalinya di selenggarakan oleh Pemkot Denpasar. May Day ini diperingati dengan kegiatan positif dan bermanfaat untuk para pekerja sehingga dapat memberikan kesan yang baik bagi para pekerja, khususnya di Denpasar dan sekaligus menepis isu bahwa May Day indentik dengan unjuk rasa turun ke jalan yang berdampak terganggunya kenyamanan masyarakat umum,” kata Kepala Disosnaker Kota Denpasar IGA Rai Anom Suradi saat di temui usai jalan sehat.

Dikatakan, jalan sehat dalam peringatan May Day di Denpasar ini untuk meningkatkan hubungan industrial yang harmonis antara pengusaha, pekerja dan pemerintah sehingga dapat terpenuhinya hak dan kewajiban semua belah pihak untuk bersama-sama menciptakan situasi kerja yang kondusif, harmonis dan mampu meningkatkan produktifitas perusahaan dan kesejahteraan para pekerja dalam rangka membangun Kota Denpasar sebagai Kota Kreatif berbasis Budaya Unggulan.

“Pola sinergitas yang melibatkan peran pekerja, perusahaan dan pemerintah dalam memperingati May Day di Kota Denpasar mungkin merupakan satu-satunya yang di laksanakan di Indonesia dengan kegiatan positif dan mudah-mudahan kedepannya ini bisa menjadi model percontohan untuk memperingati May Day,” katanya.

Ketua Panitia, Ketut Artawan mengatakan, kegiatan jalan sehat dalam memperingati May Day 2016 ini diikuti 50 perusahaan di Denpasar yang melibatkan kurang lebih masing-masing 20 orang pekerja setiap perusahaan dan ditambah dinas/ instasi terkait dengan total jumlah peserta mencapai 1000 orang lebih.