Bali Tribune, Jumat 20 Juli 2018
Diposting : 26 April 2018 20:58
Djoko Moeljono - Bali Tribune
perang
Keterangan Gambar: 
INDOPURA – Sejumlah kapal perang Indonesia dan Singapura ketika menggelar latihan bersama “Eagle Indopura 2018” di perairan Singapura.

BALI TRIBUNE - DALAM rangkaian kegiatan “Exercise Eagle Indonesia-Singapura” (Indopura) 2018, KRI Diponegoro (DPN)-365 yang dikomandani Letkol Laut (P) Aminuddin Albek, melaksanakan berbagai latihan bersama para personel Republic Singapore Ship (RSS) Valour. Sedangkan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 yang dikomandani Letkol Laut (P) Sumarji Bimo Aji berlatih dengan para personel RSS Formidable di perairan Singapura, sejak Senin, (23/4).

Pada malam harinya, selama lintas laut kedua kapal perang jajaran satuan kapal eskorta (Satkor) Koarmatim ini melaksanakan serial latihan “screenex” berupa latihan lampu isyarat, “othtex” dengan satuan masing-masing, yaitu orange dan blue.

Acara tersebut bertemakan, “TNI Angkatan Laut Melaksanakan Latma “Eagle Indopura 2018” di Selat Singapura, Selat Karimata, dan Laut Jawa dalam rangka meningkatkan kerja sama militer, interoperability terhadap tindak kejahatan di laut (military to military)”.

Kegiatan pagi hari dilaksanakan pertukaran personel antara KRI DPN-365 dengan RSS Valour dan KRI SIM-367 dengan RSS Formidable yang bertujuan untuk saling mengenal dan bertukar informasi antar-personel dari kedua Angkatan Laut. Dalam “sea phase”, unsur-unsur “Eagle Indopura 2018” juga menggelar latihan pertempuran kapal Encounterex yang dibagi dalam 2 unsur satuan, yaitu KRI DPN-365 sebagai pembawa helikopter jenis Bell mengintai keberadaan musuh.

Sekanjutnya, memasuki perairan Selat Karimata kegiatan dilanjutkan dengan Replenishment at Sea (RAS) yang merupakan salah satu latihan perbekalan kapal di laut -- RSS Formidable sebagai kapal pemberi, sedangkan KRI DPN-365 dan KRI SIM-367 sebagai kapal penerima. Kegiatan latihan diakhiri dengan “Search and Rescue” (SAR) yang menerjunkan Heli BO-105 sebagai unsur evakuasi korban dari atas udara.

 

Bertolak ke Tanah Air

Usai melaksanakan latma “Eagle Indopura 2018”, dua unsur Satkor Koarmatim KRI Diponegoro (DPN)-365 dan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 bertolak dari Dermaga Changi Naval Base (CNB) Singapore menuju Pangkalan Koarmatim Surabaya.

Sebelum melaksanakan pemberangkatan dari Singapura, Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Aminuddin Albek selaku Dansatgas “Exercise Eagle Indopura 2018” menerima kunjungan dari Atase Pertahanan (Athan) Republik Indonesia untuk Singapura Kolonel Laut (P) Sumartono beserta istri di Lounge Room Perwira KRI DPN-365 dan menyempatkan diri untuk melakukan foto bersama di haluan KRI dengan seluruh Prajurit.

Exercise Indopura kali ini merupakan salah satu bentuk kerja sama pertahanan laut yang dilaksanakan oleh TNI AL dan Republic of Singapore Navy (RSN). Latihan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan tuan rumah penyelenggara bergantian antara Indonesia dan Singapura.

Latma kali ini menandai 42 tahun kerja sama TNI AL dan RSN.  

Kedua kapal perang Sigma yang pernah mengemban misi “Maritime Task Force” (MTF) UNIFIL di Lebanon, selanjutnya melaksanakan peran muka belakang untuk bertolak dari Singapura menuju Surabaya dan dilepas Athan RI.