Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 11 May 2017 21:49
San Edison - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Gemerlap cahaya lilin memenuhi Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, sebagai bentuk dukungan bagi Ahok yang ditahan atas tuduhan melakukan penistaan agama. (ist)

Denpasar, Bali Tribune

Ribuan orang memenuhi sisi timur Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis (11/05/2017) petang untuk menyampaikan dukungan bagi Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama yang ditahan setelah divonis dua tahun penjara atas tuduhan melakukan penistaan agama.

Ribuan orang itu datang mengenakan pakaian hitam dan membawa lilin. Begitu memasuki area lapangan, lilin tersebut lalu dinyalakan sebagai bentuk dukungan terhadap Gubernur DKI nonaktif ini dalam kegiatan bertajuk “Seribu Lilin untuk Ahok”.

Pantauan di lokasi, sebelum acara dimulai, seorang panitia memimpin ribuan massa ini melakukan doa bersama. Mereka berdoa, agar Ahok kuat menghadapi cobaan. Tak hanya itu, mereka juga mendoakan agar Ahok dapat dibebaskan dari tuduhan sebagai penista agama.

Tak hanya lilin dan doa, lantunan lagu "Gugurnya Pahlawanku" juga terdengar dan menambah spirit nasionalisme warga Bali yang secara khusus hadir untuk mendukung Ahok. Bukan itu saja. beberapa di antaranya juga membawa banner yang berisi tulisan "Bebaskan Ahok".

Hingga Pukul 21.00 Wita, suasana di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon semakin ramai. Bahkan warga yang tak sempat mengikuti acara ini sejak awal, tampak baru berdatangan. Kondisi ini membuat arus lalu lintas di sekitar Lapangan Renon Denpasar padat merayap.

Petugas kepolisian harus memberlakukan sistem satu arah di Jalan Kusuma Atmaja yang berada di sisi barat Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Puputan, khususnya di selatan Lapangan Niti Mandala Renon.*