1.200 Siswa Badung Ikuti Try Out SBMPTN | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 29 Maret 2024
Diposting : 30 April 2018 21:47
I Made Darna - Bali Tribune
SBMPTN
Wabup Suiasa bersama Ketua Putu Parwata membuka Try Out di Gor Purna Krida Kerobokan, Desa Kerobokan Kaja Kuta Utara, Minggu (29/4).

BALI TRIBUNE - Sebanyak 1.200  orang siswa se-Kabupaten Badung mengikuti Tes Try Out, SBMPTN Tahun 2018 Pola (Pemuda dan Olahraga) yang bertema Sarasehan Pilar Kebangsaan bertempat di Gor Purna Krida Kerobokan, Minggu (29/4).

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, mengapresiasi atas terlaksananya try out SBMPTN bagi seluruh anak – anak yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Kata dia, try out ini merupakan momentum kepada siswa mendapatkan ruang dan kesempatan untuk penyegaran dan mereview kembali tentang apa yang didapatkan selama di sekolah dalam beberapa bulan ini.

Kesiapan mental dalam melanjutkan ke perguruan tinggi itu dapat diisi dengan latihan – latihan try out seperti ini. "Atas terlaksananya try out ini, semoga anak – anak semakin siap secara jasmani dan secara rohani sehingga demikian ada rasa percaya diri dan tidak memiliki rasa yang ragu –  keraguan dalam melaksanakan tes di peguruan tinggi “ harapnya.

Ketua DPRD Badung Putu Parwata juga mengatakan bahwa Melalui Bidang Pemuda dan Olahraganya yang melaksanakan  try out pada hari ini merupakan langkah – langkah statement yang kongkrit dari kebijakan pemerintah. Untuk generasi muda saat ini harus dituntun dengan baik supaya menjadi generasi yang memang memiliki karakter building yang kuat.

Adanya try out ini bermanfaat bagi anak muda untuk mengharahkan pikiran dan kemampuan secara akademis untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. "Kami bersama pemerintah mendorong generasi muda ini untuk melakukan sesuatu yang positif untuk meningkatkan kualitas daripada Sumber Daya Manusia ( SDM ) khususnya dibidang Akademis, Dengan ini diharapkan generasi muda memiliki karakter yang kuat, bisa meneruskan bagi tulang punggung bangsa dan mereka bisa melanjutkan apa yang menjadi keinginan mereka dalam hal membangun pemerintah pusat dan daerah” kata Parwata.

Sementara itu Ketua Pora sekaligus ketua Panitia Try Out AA Ayu Triana Tira melaporkan bahwa kisi–kisi soal pada try out mendekati dengan soal ujian masuk ke peguruan tinggi yang sama di seluruh Indonesia. Di setiap pelaksanaan acara try out ditunjuk pengawas, dari satu pengawas mengawasi 50 orang siswa.

Panitia menyimpan kunci jawabannya yang tidak kita bagikan pada saat try out, tapi setelah mereka keluar dari acara try out ini mereka akan diberikan pembahasan terhadap soal – soal tersebut, sehingga mereka tahu dimana kelemahan mereka. Harapannya setiap tahun dilaksanakan try out ini benar – benar mampu membantu para siswa SMA maupun SMK untuk berhasil masuk ke peguruan tinggi negeri.