Diposting : 10 October 2016 12:40
Djoko Moeljono - Bali Tribune
TNI
TRADISI – 20 anggota Lanal Denpasar yang naik pangkat diwajibkan menjadi prosesi tradisi TNI AL, yaitu mulai dari pengguyuran air hingga mandi atau menyusuri selokan yang ada di sekitar Mako Lanal Denpasar.

Denpasar, Bali Tribune

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar Kolonel Laut (P) GB Oka Tapayasa bertindak sebagai Irup pada pelaporan dan peresmian kenaikan pangkat para Perwira, Bintara, dan Tamtama Lanal Denpasar di Lapangan Mako Lanal Denpasar, akhir pekan lalu.

Adapun jumlah anggota yang naik pangkat sebanyak 20 orang dengan rincian Perwira (seorang dari Letda ke Lettu) atas nama Lettu Laut (P) Agus Toha Tohid (Danposal Celukan Bawang), Bintara Tinggi (6 orang dari Pelda ke Peltu) dan 9 orang dari Serma ke Pelda, Tamtama (2 orang dari Kopda ke Koptu), seorang dari Kls ke Klk 1, dan seorang PNS dari Gol II/D ke Gol III/A.

Hadir dalam upacara tersebut, Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Sobarudin, para Perwira Staf dan seluruh anggota militer dan PNS Lanal Bali. “Kenaikan pangkat pada hakikatnya merupakan suatu kehormatan yang patut dibanggakan bagi setiap prajurit, karena kenaikan pangkat hanya diberikan kepada prajurit yang mampu menunjukkan prestasi, dedikasi dan pengabdian sesuai tugas dan tanggung jawab yang diembannya,“ ujar Danlanal.

Selain mengucapkan selamat kepada para anggota yang naik pangkat, Danlanal mengatakan, kenaikan pangkat tersebut merupakan sebuah prestasi kerja dari setiap prajurit. “Kenaikan pangkat merupakan anugerah sekaligus merupakan amanah bagi setiap prajurit, sehingga dengan kenaikan pangkat tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya, katanya.

Tanpa kerja keras, dedikasi dan loyalitas serta kemauan untuk meningkatkan kemampuan kerja, tidaklah mudah untuk mendapatkan kenaikan pangkat tersebut. “Semua itu tidak lepas dari peran serta keluarga baik yang berupa motivasi maupun doa. Untuk itu kepada para anggota yang naik pangkat agar senantiasa menjaga semangat kerja dan pengabdian yang dilandasi ketulusan serta keiklasan, juga hindari sikap angkuh dan sombong, karena kedepan tantangan tugas akan semakin berat yang harus diemban,” pesan Danlanal.

Demikian juga bagi anggota yang saat ini belum berkesempatan untuk mendapatkan kenaikan pangkat, Danlanal berharap agar tetap menjaga dan meningkatkan semangat kerja serta pengabdian, sehingga pada saat yang semestinya akan mendapat kenaikan pangkat tersebut.

Selanjutnya para anggota yang naik pangkat mengikuti prosesi tradisi TNI AL, yaitu mulai dari pengguyuran air hingga mandi atau menyusuri selokan yang ada di sekitar Mako Lanal Denpasar.

https://www.instagram.com/hondafansbali/