2019, Badung Bakal Bangun Taman Baca | Bali Tribune
Diposting : 1 November 2018 20:44
I Made Darna - Bali Tribune
Lokasi rencana pembangunan taman baca di kawasan Puspem Badung
BALI TRIBUNE - Pemkab Badung bakal menggelontor miliaran rupiah untuk membangun taman baca.  Taman baca ini bertujuan untuk menunjang perpustakaan Kabupaten Badung serta meningkatkan minat baca masyarakat  Badung.
 
Dari data yang dihimpun, taman baca tersebut dibawah leading sektor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.  Rencananya akan dibangun di selatan Perpustakaan di Puspem Badung dan saat ini baru tahap feasibility study (FS) untuk menentukan layak dan tidaknya pembangunan tersebut di kawasan Puspem Badung.
 
Kepala Bidang Pengembangan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung,  Wayan Sukerta yang dihubungi, Rabu (31/10) mengakui rencana pembangunan taman baca tahun 2019 mendatang. 
 
“Tahun 2019,  kita ajukan  pengadaan tanah untuk  taman baca  di Kabupaten Badung sebesar Rp 8 miliar lebih, namun saat ini kita masih melakukan kajian untuk itu dengan melakukan feasibility study (FS) yang didah dianggarakan pada APBD perubahan 2018 yakni sebesar 79 juta lebih. Jika nanti FS menyatakan layak untuk dibangun makan 2019 nanti sudah kita anggrakan untuk pengadaan tanah  untuk taman baca di Badung,” ujarnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan, rencananya di sebelah selatan Perpustakaan dibuat sperti taman baca yang di Kota Jogjakarta. “Kita rencanakan membuat mirip sperti taman pintar, disana nanti ada ruang untuk edukasi, taman untuk swafoto dan lainnya. Yang jelas bisa mengundang agar masyarakat tertarik untuk membaca ditaman tersebut,” paparnya.
 
Tidak hanya itu di tahun 2019 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung mengajukan program pengembangan budaya baca  sperti penataan  ruang layanan  perpustakaan yakni sebesar Rp 1 miliar lebih, Gebyar Badung membaca sebesar Rp 335 juta lebih serta pengadaan buku-buku perpustakaan dengan rancangan anggaran Rp 335 juta lebih.