Bali Tribune, Jumat 20 Juli 2018
Diposting : 30 September 2017 12:46
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
JUARA – Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Agus Wijanarko, SH. MSi., (kanan) menyerahkan tropi kejuaraan turnamen sepakbola “Pangdam Cup 2017” kepada pelatih PSAD Lettu Cpm Doni Kristian di Lapangan Korem 163/Wira Satya, Denpasar, Jumat (29/9).

BALI TRIBUNE - Sempat diwarnai drama adu penalti, setelah tim PSAD berhasil menyamakan kedudukan (2-2) saat melawan FKPPI Bali, namun dewi fortuna akhirnya berpihak ke skuad PSAD yang diarsiteki Lettu Cpm Doni Kristian dengan skor akhir (6-4). Tim PSAD yang didominasi belasan pemain dari prajurit TNI Angkatan Darat (AD) akhirnya menjuarai turnamen sepakbola memperingati HUT ke-72 TNI dalam laga final di Lapangan Korem 163/Wira Satya, Jumat (29/9) sore, sekaligus berhak memboyong pulang “Pangdam Cup 2017”.

Sejak “kick off” babak pertama, kedua kesebelasan bermain dalam tempo tinggi dan cepat, sehingga tak sedikit pamain dari kedua kubu tersebut harus jatuh bangun setelah dilanggar pemain lawan. Sehingga beberapa kali pula wasit Artana yang memimpin pertandingan tersebut harus jeli dan bertindak fair play untuk mengganjar para pemain yang sengaja menjatuhkan pemain lawan dengan kartu kuning.

Tim FKPPI Bali besutan Ustav Wawan dan Cornelis sempat unggul terlebih dahulu (2-0) melalui tendangan Reksan dan Sugiarto yang mampu mengecoh penjaga gawang PSAD, Fauzi di menit ke-49 dan 61. Namun 3 menit berselang ratusan pendukung skuad PSAD bersorak setelah Tongki, pemain bernomor punggung 9 sukses menjebol gawang FKPPI Bali yang dikawal Casala.

Ketika terjadi kemelut di areal kotak penalti pada menit ke-73, giliran Timtom berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang (2-2) hingga wasit Artana meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. Selanjut dilakukan drama adu penalti, di mana skauad PSAD mempercayaklan kepada 5 algojo (Aswan, Rico, Timtom, Gayuh, dan Maulana), sedangkan 5 eksekutor FKPPI Bali (Kadek Sentana, Gung Sudartya, Reksan, Heru, dan Repot).

Namun dari masing-masing empat tendangan pertama, penjaga gawang PSAD Fauzi berhasil menggagalkan 2 tendangan penalti, sementara keempat algojo PSAD mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan memaksa kipper Casala empat kali harus memungut bola yang bersarang di gawangnya.             

Sebagai juara I, skuad PSAD berhak memboyong pulang “Pangdam Cup 2017” yang diserahkan Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Agus Wijanarko, SH. MSi. Ketum Asprov Bali I Ketut Suardana menyerahkan tropi kejuaraan untuk juara II, tim FKPPI Bali, sedangkan Ketua KONI Bali Maryoto Subekti memberikan tropi tetap kepada juara III, PS Susila Putra.

Danpomdam Kolonel Agus Wijanarko, selaku ketua panitia penyelenggara turnamen yang diikuti 16 tim ini juga memberikan bonus dan uang pembinaan jutaan rupiah kepada peraih juara I, II, dan III. “Bersyukur, seluruh rangkaian kegiatan turnamen sepakbola memperingati HUT ke-72 TNI kali ini yang dibuka sejak Rabu (20/9) sore hingga penyerahan tropi kejuaraan “Pangdam Cup 2017” sore ini (kemarin, red) dapat berjalan lancar, aman, dan sukses, Selamat kepada para juara dan tetap semangat serta lebih rajin berlatih bagi tim lain yang belum menjadi juara,” ujar Kolonel Agus Wijanarko, didampingi Wadanpomdam Letkol Cpm Faisal Lubis.

Ketum Asprov Bali I Ketut Suardana menambahkan, hasil turnamen sepakbola ini dapat dijadikan ajang untuk menyeleksi para pemain usia muda, 20 tahun (U-20) yang akan diseleksi lagi untuk mewakili Bali pada ajang turnamen berikutnya.

Sementara pada partai pertandingan sebelumnya, tim PS Susila Putra asuhan pelatih Galung Setiadi berhasil mengalahkan Putra Pegok FC dengan skor (3-1).