Bali Tribune, Sabtu 18 November 2017
Diposting : 9 October 2017 19:02
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Dian Siswarini
Keterangan Gambar: 
Dian Siswarini

BALI TRIBUNE - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih hasil positif atas Agenda Transformasi 3R yang dicanangkan sejak 2015 lalu. Hasil tersebut tercermin dari antara lain meningkatnya kinerja perusahaan, terbukanya peluang-peluang bisnis baru di masa depan, serta semakin kuatnya fundamental perusahaan.

Untuk itu, XL Axiata akan terus melanjutkan agenda transformasi ini hingga tuntas sehingga bisa mampu bersaing di era digital ke depan. Presiden Direktur/ CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, ulang Tahun XL Axiata ke-21 yang jatuh tanggal  8 Oktober 2017 kemarin, menjadi momentum yang tepat bagi keluarga besar XL Axiata, untuk bersama melanjutkan agenda transformasi yang sudah berjalan sejauh ini dengan hasil yang efektif.

“Memang tidak mudah untuk memulai tahap demi tahap transformasi ini, banyak hambatan dan rintangan yang harus dilalui, namun kini kami mulai mendapatkan hasil yang sepadan,” ujar Dian Siswarini, kemarin.

Saat ini memasuki tahun ketiga bagi XL Axiata menjalankan Transformasi “3R (Revamp, Rise & Reinvent), agenda yang sudah dilakukan sejal awal tahun 2015. Urgensi pelaksanaan agenda transformasi adalah untuk menjadi penyelenggara layanan data terkemuka karena di masa mendatang layanan data merupakan sumber pertumbuhan bisnis selular.

Dengan demikian, XL Axiata dapat membangun bisnis yang lebih berkelanjutan di masa depan. Untuk pertimbangan itu pula, maka agenda transformasi harus dijalankan oleh XL Axiata jika ingin tetap mampu bersaing di industri telekomunikasi dan data yang semakin dinamis saat ini dan di masa mendatang.

“Hasil positif yang sejauh ini diraih XL Axiata menunjukkan tahapan-tahapan yang dilalui berjalan secara efektif. Untuk itu, XL Axiata akan terus melanjutkan proses transformasi ke tahap selanjutnya, di mana sejak 2015 XL Axiata berfokus pada tahapan transformasi bisnis, maka saat ini XL Axiata memasuki tahap transformasi Operating Model yang antara lain mencakup bidang organisasi dan cara bekerja yang berbeda di dalam perusahaan, dengan tujuan utama untuk berubah menjadi organisasi yang lebih berfokus kepada pelanggan (Customer Focused Organization),” ujarnya.

Dian menandaskan, semua kerja keras yang telah dijalankan sejak awal tranformasi telah berbuah positif dan mampu meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Seperti yang telah sebelumnya disampaikan dalam laporan kinerja Semester 1 2017, pelanggan XL Axiata kini mencapai lebih dari 50,5 juta, meningkat 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. ARPU blended XL Axiata di kuartal 2 sebesar Rp 34.000, meningkat 3% dari kuartal sebelumnya. Pencapaian ini sejalan dengan agenda transformasi yang berfokus meraih pelanggan yang berkualitas sesuai sasaran sebagai bagian dari Agenda Transformasi.