Diposting : 10 May 2019 00:09
habit - Bali Tribune
Bali Tribune

Oleh: IGM Pujastama

Google adalah mesin pencarian (search engine) paling populer di dunia. Hal itu telah berlangsung sejak tahun 1998. Dan Google adalah raksasa dari California dengan hobi membeli perusahaan. Sejak tahun 1998 Google telah meluncurkan perangkat lunak Android dan menjajakan jaringan broadband super cepat. Google tidak hanya menawarkan sesuatu tapi juga sibuk jadi pembeli. Jutaan dollar dibelanjakan untuk membeli teknologi startups dan website. Selama enam belas tahun terakhir Google telah menghabiskan dana 24,5 juta dolar untuk membeli sekitar sepuluh perusahaan. Jumlah sepuluh itu belum termasuk pembelian perusahaan-perusahaan kecil.

Akusisi Google yang relatif murah dilakukan Juni tahun lalu saat mengakusisi SkyBox Imaging. Kesepakatan akusisi SkyBox Imaging diperkirakan ‘hanya’ bernilai  500 juta dollar AS. Diyakini Google melakukan pembelian tersebut hanya untuk mendapatkan akurasi dan gambar terkini Google Maps dan layanan Street View miliknya. Pembelian lain dari Google yang tergolong murah juga terjadi Juni tahun lalu saat mengambil alih Dropcam seharga 555 juta dollar AS.  Perusahaan video monitoring dan security itu dibeli Google untuk melengkapi pembelian Google yang lain, NestLabs.

Pembelian  NestLab pada Januari tahun lalu telah menguras kocek Google sedalam 3,1 juta  Dollar AS. NestLab sendiri adalah perusahaan pembuat themostats pintar dan pendekteksi asap. Arsitek yang merancang pembelian NestLab adalah Tony Fadell yang dijuluki biangnya Ipod, the father of the iPod. NestLab dan Dropcam membantu Google mengembangkan rumah pintar, smart homes. Google juga telah mengambil alih Postini, sebuah perusahaan jasa email dan jasa pengaman web yang bernilai 625 juta dollar AS beberapa tahun lalu. Dengan bantuan Postini, Google membuat layanan Gmail semakin aman. September 2011, Google mengumumkan akan menarik Postini dari Google App tapi baru mulai2011 Postini tidak lagi memberikan pelayanan. Tapi untuk pelanggan existing, transisi baru mulai dilakukan Maret 2011.

Tapi pembelian Google yang sangat terkenal adalah saat membeli YouTube. Tapi TouTube yang kita kenal sekarang ini adalah versi yang sudah dikebangkan lebih jauh oleh Google. Pembelaian YouTube oleh Google sebenarnya sudah lama terjadi, yaitu tahun 2006. Kini pengguna YouTube diseluruh dunia sudah mencapai 1 miliar orang dan menayangkan video lebih dari 6 miliar jam sebulan, berarti hampir setiap orang di muka bumi ini menonton video di YouTube selama satu jam.

Google membeli YouTube sehraga 1,65 miliar dolar tapi konon penghasilan tahunan Google dari YouTube mencapai 4 kali lipat angka tersebut. Tapi akuisisi Google yang tergolong mahal adalah terhadap pembuat telepon seluler Motorola pada tahun 2011 senilai 12,5 miliiar dolar AS. Google sebenarnya hanya mengincar paten yang dikuasai Motorola untuk mengembangkan telapon dan tablet Nexus karena  Nexus 6 didesain dan dibuat oleh Motorola. Tapi Januari tahun lalu Nexus dijual Google pada Lenovo, sekalipun beberapa paten terkait Nexus 6 masih dikuasai Google.

Lima tahun lalu, Google sangat aktif melakukan akusisi, bahkan lebih aktif dari Facebook dan Apple. Akuisis Google yang paling mahal hingga saat ini adalah terhadap Netfix yang bernilai 23 miliar dollar AS. Google memang perusahaan yang luar biasa. Layananan Google kini telah menjangkau  3,5 miliar pencarian atau setara dengan 1,2 trilun pencarian dalam satu tahun. ***