Bali Tribune, Sabtu 19 Agustus 2017
Diposting : 14 April 2016 15:11
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
MENEMBAK - Personel Polres Klungkung dilatih menembak reaksi cepat di lapangan menembak Paksebali, Dawan, Klungkung.

Semarapura, Bali Tribune

Mengantisipasi segala bentuk gangguan yang mungkin terjadi utamanya aksi terorisme dan bentuk aksi kriminal lainnya, jajaran Polres Klungkung terus mengasah personelnya dengan latihan menembak reaksi cepat. Latihan menembak reaksi cepat, dengan pelatih dari Perbakin Cahaya Candra Wiguna, di Lapangan Tembak Paksebali, Rabu (13/4).

Waka Polres Klungkung Kompol AA. Gde Mudita SH yang ikut dalam pelatihan tersebut mengatakan, latihan menembak reaksi cepat bagi personil Polres Klungkung yang berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 13 s/d 16 April 2016 merupakan kegiatan yang sudah dijadwalkan jauh hari sebelumnya, didahului dengan latihan-latihan kering.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Anggota Polres Klungkung dalam menggunakan senjata api laras pendek. Latihan ini dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan prosedur penggunaan senjata api pada saat personil Polres Klungkung bertugas, sehingga tidak terjadi salah tembak atau salah sasaran,  karena kurangnya pengetahuan anggota dalam menggunakan senjata api. Latihan yang pertama, para peserta melaksanakan latihan menembak sasaran dengan menggunakan senjata api laras pendek seperti revolver dengan sasaran sejauh 5 meter.

Pelatih Cahaya Candra Wiguna mengharapkan agar semua peserta pelatihan memperhatikan dan mengikuti perintah dari pelatih, mengingat latihan menembak ini sangat beresiko tinggi, jadinya jangan main-main. Persentuhan amunisi dengan senjata api sebaiknya menunggu intruksi dari pelatih, begitu juga pada saat melaksanakan penembakan. Dalam pelatihan harus diutamakan keselamatan.