Diposting : 17 May 2018 20:52
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Nusa Penida
Keterangan Gambar: 
SIDAK - Kapolsek Nusa Penida Kompol Ketut Suastika,SH saat menggelar sidak operasi gabungan di Nusa Penida.
BALI TRIBUNE - Mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi terkait perkembangan adanya serangan teroris, jajaran Polres Klungkung termasuk Polsek Nusa Penida mengambil langkah proaktif dengan melakukan patroli gabungan menyasar para penduduk pendatang, Selasa (15/5) malam lalu.
 
Kapolsek Nusa Penida, Kompol  Ketut Suastika,SH Rabu (16/5) mengatakan, pelaksanaan patroli gabungan sekaligus sidak duktang tersebut dalam rangka mengecek dan mendata penduduk yang baru, baik luar Bali maupun lokal. “Kita mendata penduduk pendatang baik dari luar maupun lokal, hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan di wilayah Nusa Penida,” ujarnya.
 
Selain jajaran Polsek Nusa Penida, patrol gabungan melibatkan unsur Koramil 1610-04/NP dan jajarannya melibatkan 12 personel, satpol PP Nusa Penida (empat personel), sehingga total tim sidak berjumlah 28  orang.
 
Sebelum melaksanakan sidak, seluruh personel yang terlibat bertempat di Lapangan Polsek Nusa Penida dilaksanakan Apel Persiapan  tugas untuk  pengecekan personel sekaligus memberikan arahan secara teknis  dan sasaran yang akan dituju. Arahan disampaikan Kapolsek Nusa Penida maupun  Danramil Nusa Penida.
 
Tepat pukul 19.15 wita tim langsung bergerak dengan menggunakan tiga unit kendaraan roda empat yang  terdiri dari satu unit Randis OZ Koramil 1610-04/NP, dua unit Randis  Polsek,  kemudian tim langsung menuju Desa Kampung Toya Pakeh dan Desa Ped.
 
Di tempat ini tim menyasar rumah kos milik warga bernama Salam  di Desa Kampung  Toya Pakeh serta bungalow milik Ilham dan juga  para penduduk pendatang sebagai pekerja buruh bangunan yang ada di sekitar wilayah Kampung  Toya Pakeh dan para pekerja buruh bangunan di seputaran wilayah Desa Ped.
 
Dalam operasi gabungan ini tim berhasil mengamankan 35 orang penduduk pendatang terdiri dari 35 orang ber-KTP tidak lapor diri ke desa dan diimbau oleh petugas agar segera melapor diri ke kantor desa setempat.
 
Tim sidak tidak menemukan adanya pelanggaran berat selama melakukan patrol yang berakhir pukul 21.00 Wita tersebut. “Situasi relatif aman dan terkendali selama digelarnya patrol gabungan,” imbuh Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ketut Suastika, SH.