Anugrah Top BUMD 2018 Diraih Perusahaan Daerah, Bupati Minta OPD Terus Berinovasi | Bali Tribune
Diposting : 7 May 2018 22:47
Redaksi - Bali Tribune
IGA Mas Sumatri
IGA Mas Sumatri

BALI TRIBUNE -Dengan anugrah Top BUMD 2018 yang berhasil diraih oleh perusahaan daerah milik Pemkab Karangasem di bidang operasional dan pelayanan, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mendorong masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Karangasem untuk terus berinovasi dalam memberikan kemudahan dalam setiap layanan kepada masyarakat Karangasem dengan prinsip akuntabilitas, tepat guna dan tepat sasaran.

Memang anugrah Top BUMD yang diterima perusahaan daerah ini karena dianggap telah berhasil meningkatkan kinerja keuangan dan bisnis termasuk pelayanan terhadap costumer, sementara OPD dilingkungan Pemkab Karangasem tidak menjalankan bisnis dan hanya memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi dan perizinan.

Sekadar informasi, Anugrah Top BUMD 2018 ini diselenggarakan oleh Indonesia Bussines News dan Asia Bussines Research Centre, di Gedung Raflesia Kartini Ball Room, Jakarta yang dihadiri oleh Mendagri Cahyo Kumolo, Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD-RI Oesma Sapta Oedang dan dari  IPSI Inggrid Tansil.

“Saya berharap jajaran OPD bisa terus melakukan berbagai terobosan dan terus meningkatkan kinerja dan layanan kepada masyarakat Karangasem,” ujar Bupati Mas Sumatri, Minggu (6/5) kemarin.

Berkaitan dengan peningkatan layanan kepada masyarakat, saat ini Pemkab Karangasem tengah berupaya memanfaatkan bangunan yang mangkrak peninggalan Bupati sebelumnya untuk kepentingan masyarakat. Saat ini Pemkab Karangasem telah pemanfaatan lantai 1 gedung pusat seni dan kerajinan penunjang Pasar Amlapura Timur atau yang akrab disebut Gedung UKM Centre sebagai Mall Pelayanan Publik. Ternyata keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Karangasem, karena keberadaannya semakin memudahkan bagi masyarakat Karangasem untuk mendapatkan pelayanan dari OPD penyedia layanan dan sejumlah instansi lainnya termasuk BUMN pemberi layanan.

Setiap harinya lebih dari 718 orang yang datang ke MPP untuk berbagai keperluan mulai dari mengurus perizinan, membayar tagihan rekening PDAM hingga mengurus KTP dan akte kelahiran. Ini menunjukkan betapa MPP ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Karangasem yang menginginkan kemudahan dalam memperoleh layanan, karena disamping nyaman lokasi MPP ini dinilai sanngat representatif karena berlokasi di jantung kota dan dekat dengan Pasar Amlapura Timur. Ada sebanyak 157 jenis layanan yang disediakan di MPP ini, baik layanan perizinan maupun non perizinan.