Diposting : 15 April 2016 16:24
habit - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
PKK - Ketua Umum Tim Penggerak PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumulo (kedua dari kiri) beserta rombongan dan Tim verifikasi lapangan yang melakukan penilaian terhadap Kelurahan Sesetan dalam lomba pelaksana terbaik tingkat nasional LBS di Kantor Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar pada Kamis (14/04).

 

 

Denpasar, Bali Tribune             


Upaya menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat (LBS) harus dilakukan secara berkesinambungan dan tidak hanya bersifat insidental ketika saat mengikuti ajang perlombaan semata. Kondisi lingkungan bersih dan sehat harus dijaga secara  berkelanjutan dengan memulainya dari diri sendiri, khususnya dalam lingkungan keluarga sehingga lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman dapat terwujud. Demikian disampaikan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny.Ayu Pastika saat mendampingi Ketua Umum Tim Penggerak PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumulo beserta rombongan dan Tim verifikasi lapangan yang melakukan penilaian terhadap Kelurahan Sesetan dalam lomba pelaksana terbaik tingkat nasional LBS di Kantor Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar pada Kamis (14/04). “Dengan lingkungan yang bersih dan sehat tentunya kualitas hidup kita pun akan lebih baik,”ujarnya.
Kelurahan Sesetan maju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Bali setelah menjadi juara di tingkat Provinsi.  Usaha dari Tim PKK Kelurahan Sesetan dalam menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat  didaerah perkotaan yang notabene memiliki tingkat kepadatan dan  kesibukan yang sangat tinggi diapresiasi positif oleh Ayu Pastika. TP PKK Kelurahan Sesetan telah melakukan beberapa inovasi kegiatan seperti pengolahan sampah menjadi barang-barang daur ulang seperti kerajinan tas, keset yang bernilai ekonomis, pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos yang bisa digunakan untuk pengembangan tumbuhan obat dalam pekarangan atau yang sering disebut toga, pengembangan biogas serta aktif dalam kegiatan sosialisasi bahaya dari demam berdarah serta cara penanganannya dengan membentuk sebuah kelompok penyuluh yang disebut jumantik. "Saya merasa bangga atas usaha-usaha yang dilakukan oleh TP PKK Kelurahan Sesetan dalam mewakili Provinsi ke tingkat Nasional, kita berharap Tim Sesetan dapat memperoleh hasil yang terbaik dan membawa nama harum Bali, " ujarnya. Ayu Pastika juga berharap apa yang sudah dilakukan TP PKK Kelurahan Sesetan ini dapat diteladani dan ditularkan kepada TP PKK yang lainnya. Istri orang nomor satu ini juga mengingatkan kepada para kader PKK di daerah untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan 10 program PKK, sehingga kegiatan tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat.
Sementara itu, Ketua Umum TP PKK Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengapresiasi usaha TP PKK Kelurahan Sesetan dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Ia menilai, inovasi TP PKK Sesetan sudah sangat kreatif dan kedepannya diharapkan dapat mamacu munculnya inovasi lainnya yang berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Ia juga berharap, inovasi ini dapat menjadi contoh bagi TP PKK di daerah lain, sehingga program PKK dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, ia juga meminta kader PKK tetap bergandengan tangan dengan pemerintah khususnya SKPD untuk mengakselerasi dan menyelaraskan program yang dirancang.
Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra dalam sambutannya menerangkan  bahwa sejak tahun 2008 kelompok PKK Sesetan sudah berhasil menciptakan kebersihan. Bahkan, sejak tahun 2011, kelompok ini telah berhasil mengelola sampah secara swakelola dan tak tergantung lagi dengan Dinas Kebersihan Kota Denpasar. Kata Rai Mantra, Kader PKK Kelurahan Sesetan merangkul kelapa keluarga dalam pengolahan sampah menjadi kompos dan daur ulang.  Ia berharap, serangkaian inovasi yang dilakukan mampu mengantarkan TP PKK Kelurahan Sesetan memperoleh nilai yang terbaik serta dapat menjadi contoh bagi TP PKK di daerah lainnya.
Selanjutnya, Ketua TP PKK Kelurahan Sesetan yang juga selalu Ketua Panitia acara Ketut Sari Karyawati melaporkan bahwa untuk mengikuti perlombaan ini, pihaknya sudah melakukan berbagai  persiapan. Mulai dari sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat terkait cara-cara menciptakan lingkungan bersih dan sehat hingga memberi pelatihan kepada para anggota PKK. Sejumlah kriteria yang menjadi penilaian dalam lomba ini antara lain kelengkapan administrasi, kreatifitas yang diciptakan, tanaman toga serta komponen pendukung lainnya. Ia berharap, penilaian tersebut dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan yang terbaik.

Pada momentum tersebut Ny. Ayu Pastika juga mengajak Ketua Umum PKK Ny. Erni Guntarti yang turut didampingi oleh Ketua Bidang I Pendidikan Karakter TP PKK Pusat Ervina Yuswandi mengunjungi ruang pameran kerajinaan yang dimiliki oleh Dewan Kerajinaan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali.