Diposting : 28 April 2018 14:30
I Made Darna - Bali Tribune
ayam petelor
Ilustrasi ternak ayam petelor

BALI TRIBUNE - Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan Badung bakal menggelontor bibit ayam layer kepada sejumlah peternak khususnya peternak di Kecamatan Petang, Badung. Tak tanggung-tanggung anggaran pembelian bibit cukup fantastic yakni dianggarkan Rp 4,6 miliar.

Pembelian bibit ayam petelor ini sudah masuk tahapan lelang. Dari laman website LPSE Kabupaten Badung, lelang  bibit ayam layer umur 16 minggu dengan Nilai Pagu Paket Rp 4.644.000.000,00. Sumber dana dari APBD 2018.

Pengadaan bibit ayam ini nantinya diperuntukkan untuk peternak di Kecamatan Petang, Badung.

Plt. Dinas Pertanian dan Pangan Putu Oka Swadiana yang dikonfirmasi, Jumat (27/4), membenarkan pengadaan bibit ayam layer ini. “Iya, masih tender. Ada dua kelompok yang mendapat bibit ini,” ujarnya.

Dua kelompok peternak ayam yang akan diberikan bibit ini adalah Kelompok Manuk Sari, Getaran, Petang mendapat 13.992 ekor, Kelompok Giri Landuh Sari, Pelaga, Petang mendapat bantuan 40.704 ekor bibit ayam layer.”Nilai lelang harga Rp 4,6 miliar itu, termasuk bibit, proses administrasi dan lainnya,” kata Oka Swadiana.

Setelah ada pemenang lelang, pihaknya akan menyerahkan langsung bibit kepada kelompok peternak. “Setelah pengadaan kita langsung serahkan (bibit ayam layer) kepada peternak,” tukasnya.