BADUNG JELAJAH LOS ANGELES DAN NEW YORK, Promosi Wisata Badung, USA Sales Mission 2018 | Bali Tribune
Diposting : 29 January 2018 15:20
I Made Darna - Bali Tribune
pariwisata
BPPD Badung dan Dinas Pariwisata Badung disaat melakukan promosi pariwisata di Double Tree Hotel, Los Angeles, Selasa (23/1).
BALI TRIBUNE - Mengawali kegiatan promosi pariwisata di tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Badung telah mengagendakan promosi wisata ke Amerika Serikat.
 
Dalam kegiatan Los Angeles Sales Mission 23 Januari 2018, tim Dinas Pariwisata Kabupaten Badung bersama BPPD Badung menggandeng 35 industri dari hotel berbintang, travel agent dan air line. Rombongan sales mission promosi pariwisata dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra, didampingi Ketua BPPD Badung IGN RaiSuryawijaya, Ni Made Eka Mahadewi, Herdy Sayoga,; GM Singapore Air line Bali-Febe Indah; Wakil Ketua DPP IHGMA Ramia Adnyana beserta rombongan industri dari anggota Bali Hotel Association.
 
Kepala Dispar Badung I Made Badra menjelaskan promosi pariwisata ke Amerika sangat perlu untuk terus ditawarkan, mengingat kunjungan wisatawan Amerika menduduki peringkat ke-enam bagi Bali di tahun 2017.
 
Kunjungan wisatawan Amerika ke Asia hanya sebesar 7% dari total orang Amerika yang melakukan perjalanan luar negeri. Kunjungan wisatawan Amerika yang datang ke Bali mengalami pertumbuhan positif dan diharapkan terus meningkat mencapai 3,5% di tahun 2018 sebanyak 178.500 orang. Rata-rata peningkatan kunjungan wisatawan Amerika ke Bali sebesar 3,48% ditahun 2017.
 
“Jumlah wisatawan Amerika yang berkunjung ke Bali di tahun 2017 sejumlah 175.123 orang yang sebelumnya hanya mencapai 170.457 orang wisatawan,” ujarnya Kamis (25/1).
 
Kunjungan wisatawan Amerika berasal dari kota New York, Los Angeles, Seattle dan Houston. Secara ke seluruhan wisatawan Amerika di tahun 2018 mendatang diharapkan mampu memberikan kontribusi kunjungan sebesar 178.500 orang wisatawan.
 
Dikatakan juga bahwa karakteristik wisatawan Amerika melakukan kunjungan ke destinasi wisata didominasi oleh informasi melalui airline sebanyak 45%, informasi lainnya melalui online, teman dan relasi.
 
Kerjasama promosi dengan menggandeng perusahaan penerbangan adalah upaya yang paling tepat dalam mendatangkan wisatawan Amerikake Bali, khususnya Kabupaten Badung. Untuk kepentingan memberikan informasi pariwisata Badung, pertemuan buyer dan seller dalam bentuk Meeting with Buyer dengan memberikan informasi terkini (Tourism Destination Update) telah berhasil memberikan gambaran kepariwisataan Badung kepada pihak pembeli paket wisata di Los Angeles. Acara ini telah menghadirkan 60 orang undangan dari tour operator, perusahaan air line dan konsuljenderal RI di Los Angeles. Setelah acara di Los Angeles, rombongan promosi wisata Badung akan mengikuti kegiatan NYCTTC (New York City Travel and Trade Show) di kota New York, 26-28 Januari 2018.
 
“Penjualan paket wisata dari Amerika khususnya Los Angeleske Bali telah didukung  Singapore Airline. (SQ) Saat ini SQ telah mempunyai penerbangan ke Bali melalui Singapore-Incheon-Los Angeles dengan pesawat besar A330. Sedangkan untuk penerbangan dari Bali melalui Singapore ke New York; SQ telah menyiapkan penerbangan dengan rute Denpasar-Singapore-Frankfurt-New York.Selain SQ, pihak penerbangan nasional Garuda Airline (GA) ke Los Angeles dan New Yorkvia Jakarta juga telah disiapkan dengan kerjasama Sky team,” kata Badra.
 
Pangsa pasar Amerika, lanjut dia, seperti halnya pangsa pasar Inggris; dapat dikategorikan ‘quality market’ bagi Bali. Wisatawan Amerika mempunyai potensi besar dalam mendukung peningkatan ekonomi Badung dan Bali. Kunjungan wisatawan Amerika ke Bali umumnya lebih dari 14 hari dengan lama tinggal 8 hari.
 
Lamanya perjalanan dan kunjungan (length of stay) diharapkan menjadi peluang yang seharusnya terus dimanfaatkan perusahaan wisata di  Bali.
 
Melalui kegiatan sales mission USA ini telah dilakukan penawaran paket wisata yang menarik dan lebih variatif, baik dari sisi produk maupun aksesibilitasnya. Wisatawan Amerika dari Los Angeles dan New York termasuk wisatawan yang  mendominasi perjalanan.
 
Saat ini masyarakat Amerika sangat mengenal dekat Bali. Kunjungan mantan presiden Obama beserta keluarga dengan 650 pasukannya pada Juni 2017 telah menginspirasi warga Amerika untuk lebih mengenal Bali lebih dekat. “Promosi wisata dengan menghadirkan orang ternama ke destinasi, dapat mempengaruhi keinginan calon wisatawan dalam menentukan Bali sebagai destinasi wisata pilihan,” tukasnya.