Bali Tribune, Rabu 23 Agustus 2017
Diposting : 24 July 2017 21:45
Made Ari Wirasdipta - Bali Tribune
Jegeg Bagus
Keterangan Gambar: 
Wagub Sudikerta saat acara malam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2017.

BALI TRIBUNE - Para generasi muda yang terpilih sebagai duta Jegeg Bagus Bali 2017, diharapkan akan menjadi icon atau duta Provinsi Bali dalam memperkenalkan pariwisata dan budaya yang ada di daerah Bali.

Demikian sambutan Mangku Pastika yang dibacakan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat membuka acara Malam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2017, di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu malam ( 22/7). 

Untuk itu, dalam sambutannya Gubernur Pastika menekankan agar para Generasi muda yang terpilih dalam ajang ini tidak hanya sekedar menampilkan keindahan fisik semata, namun diharapkan memiliki kecerdasan, jiwa sosial berbakat dan inovatif yang nantinya bisa membangun opini positif terhadap citra pariwisata Bali sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali.

Diharapkannya, dengan terpilih sebagai duta pariwisata Provinsi Bali tahun 2017, harus siap bersaing dengan duta-duta pariwisata dari provinsi lain di tingkat nasional. Untuk itu, Pastika berharap Jegeg Bagus Bali dapat menjadi tolok ukur peningkatan SDM dibidang pariwisata, khususnya para generasi muda Bali. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang juga selaku Ketua Panitia Acara Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2017 Anak Agung Gede Yuniartha, melaporkan bahwa Pemilihan Duta Wisata dan Budaya Jegeg Bagus Bali ini diselenggarakan setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Bali yang bertujuan sebagai ajang pembelajaran pada generasi muda dalam menumbuhkembangkan sikap kreatif, inovatif, sportifitas, berwawasan luas dan memberikan manfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Yuniartha mengungkapkan bahwa terdapat 18 orang peserta terpilih dari 9 Kabupaten/Kota di Bali yang berhasil mengikuti malam grand final kali ini.  Sebelum malam grand final, telah diberikan pembekalam serta  penilaian terhadap para peserta dimana mulai dari tanggal 18 Mei-16 Juli para finalis mengikuti Pra Karantina, selanjutnya Karantina dilaksanakan dari tanggal 20-22 Juli dengan diberikan materi pembekalan dari para narasumber.

Beberapa acara terkait penilaian juga telah dilakukan seperti malam apresiasi keeatifitas dan malam bakat. “Dari ajang ini akan terpilih satu jegeg dan satu bagus terbaik yang akan mewakili Bali dalam mempromosikan pariwisata dan budaya Bali baik ditingkat nasional maupun internasional,”harap Yuniartha.

Dari hasil penilaian para dewan Juri terpilih sebagai Jegeg Bali 2017 berasal dari Kabupaten Badung Putu OKky Navaratri Wibawa Dan Bagus Bali 2017 juga berasal dari Kabupaten Badung I Made Hariyoga.

Sedangkan pada posisi Runner Up 1 diraih oleh Jegeg Karangasem Ni Komang Budiayu dan Bagus Gianyar I Putu Dipta Priyatna, dan Posisi Runner Up 2 disabet oleh Jegeg Buleleng Putu Febby Laksmi Decker dan Bagus Buleleng Kadek Agus Tony Mahendra. Disamping itu juga terpilih Jegeg Denpasar dan Bagus Klungkung  yang menempati posisi Runner Up 3, disusul Jegeg Gianyar dan Bagus Bangli yang menempati posisi Runner Up 4, dan pada posisi Runner Up 5 di raih oleh Jegeg dan Bagus Tabanan.  Masing-masing peserta berhak mendapatkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan.