Bali Tribune, Selasa 17 Juli 2018
Diposting : 22 July 2016 14:34
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Polres
Keterangan Gambar: 
HELM GRATIS - Tampak Kasat Lantas Polres Klungkung AKP Wayan Mudiasa, SH saat membagikan Helm gratis.

Semarapura, Bali Tribune

Menjaga hubungan yang harmonis jajaran Polres Klungkung dengan masyarakat diterjemahkan dengan tindakan nyata di lapangan oleh jajaran satuan Polantas Polres Klungkung. Sekitar 20 personel Sat Lantas Polres Klungkung, Kamis (21/7), melakukan sidak dan tilang di tempat bagi pengendara motor baik roda dua maupun roda empat yang diketahui tidak memiliki surat tanda nomor kendaraan lengkap, termasuk kelengkapan SIM bagi pengendaranya. Pemeriksaan ranmor dilaksanakan di depan Monumen puputan Klungkung, sedangkan sidang tilang di tempat dilaksanakan di balai bengong Monumen Puputan Klungkung.

Yang menarik walaupun dilaksanakan tilang dan sidang di tempat, Sat lantas Polres Klungkung sekaligus melakukan upaya simpatik sosialisasi bagi pengendara motor utamanya yang berpakaian adat dengan membagikan helm gratis sekaligus pembinaan bagi pengendaranya.

Ditemui di sela sela operasi tilang di tempat ini, Kasat Lantas Polres Klungkung AKP Wayan Mudiasa, SH menyatakan walaupun melakukan sidang di tempat bagi para pelanggar yang kedapatan tidak  memiliki kelengkapan surat surat ranmor dan SIM juga diberikan sosialisasi bagi pengendara ranmor yang berpakaian adat maupun yang berjilbab tanpa helm. “Kita tidak melakukan tilang di tempat bagi pengendara motor, baik  yang berpakaian adat maupun berjilbab kita hanya berikan pemahaman dan sosialisasi pentingnya helm bagi keselamatan pengendara motor,” tegas Wayan Mudiasa  seraya memberikan helm gratis bagi pengendara yang berpakaian adat. Dirinya menekankan pada faktor keselamatan pengendara motornya, keselamatan jiwa lebih penting bagi faktor lainnya.

Agus Pandang, alamat lingkungan jalan Kenyeri, Semarapura, seorang pengendara sepeda motor yang berpakaian adat tanpa mengenakan hlm, distop petugas,  menyatakan walaupun dirinya diberhentikan petugas dan diberi pemahaman keselamatan diri dengan wajib mempergunakan helm. Ia mengaku sangat terkesan. “Ya, kita diberikan pemahaman pentingnya helm bagi keselamatan kita di jalan. Ya, kita senang, apalagi diberi helm gratis, benar-benar petugas sangat simpatik,” ujarnya senang, seraya meraba helm baru di kepalanya yang diberikan Kasat Lantas Polres Klungkung tersebut.

Ketika ditanya apakah keberatan melepas udengnya diganti Helm? Agus Pandang mengaku tidak keberatan, malah senang diingatkan demi keselamatan dirinya.