Diposting : 10 August 2018 18:57
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
BAKSOS – Didampingi CEO Talitha Group Dr H Nurianto RS, SH., MH., MM., dan Danlanud IGNR Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Sukadi, SSos., Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri (tengah) menyempatkan diri foto bersama perwakilan anak yang dikhitan, Kamis (9/8).
BALI TRIBUNE - MENYAMBUT HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang diperingati setiap 5 Oktober mendatang, Kodam IX/Udayana bekerja sama dengan Talitha Group menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) berupa khitanan (sunat) dan penyerahan bingkisan kepada 32 anak di Aula Makesdam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (9/8).  
 
Kegiatan khitanan massal ini sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dari aspek kesehatan, terutama kesehatan reproduksi sedini mungkin saat masih anak-anak. Tak hanya itu, sunat juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan, menurunkan risiko terinfeksi saluran kemih, serta mencegah terjadinya kanker dan penularan HIV/AIDS.
 
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini. Juga disampaikan ucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara, terutama jajaran Kesdam IX/Udayana yang bekerja-sama dengan Talitha Group dan paramedis yang telah meluangkan waktu untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan yang memiliki misi sosial kemanusiaan ini.
 
Baksos khitanan massal ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Semoga, kegiatan mulia ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi anak-anak dan dapat meringankan beban para orang tua,” harapnya.
 
Pada saat ini, bersunat tidak lagi dipandang sebagai kewajiban menurut agama tertentu saja, tetapi sudah umum dan merupakan kebutuhan kesehatan. Karena itu diharapkan, anak-anak yang disunat tersebut sudah memahami akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri.
 
Bagi kaum laki-laki, sunat berfungsi mempermudah proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sah ibadah serta mencegah beberapa penyakit kelamin. “Mengingat kegiatan ini secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat, maka saya berharap kepada seluruh masyarakat yang belum menerima pelayanan kesehatan, khususnya sunatan sesuai program pemerintah agar memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.
 
Kemudian, kepada para dokter, paramedis, dan tenaga pendukung kesehatan lainnya, Pangdam berpesan agar melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh dan memperhatikan mutu pelayanan sunatan ini, sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat yang menerima pelayanan sunatan.
 
Turut hadir dalam kegiatan ini, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam, Perwira Staf Ahli, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kakesdam, Karumkit, LO AL dan LO AU, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai (IGNR) serta para Komandan/Kabalak Satuan jajaran Kodam IX/Udayana. Termasuk pimpinan Talitha Group beserta staf, juga Ketua, Wakil Ketua, dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana, Jalasenastri, dan Pia Ardhya Garini,  sejumlah tamu undangan dan para peserta sunatan massal.