Diposting : 11 August 2017 21:42
Arief Wibisono - Bali Tribune
Candra Ahmadi, S.Kom.,MT.
Keterangan Gambar: 
Candra Ahmadi, S.Kom.,MT.

BALI TRIBUNE - Kondisi informasi dan teknologi ke depannya akan terus berkembang seiring dengan adanya perubahan global. Untuk itu perguruan tinggi yang ada di Bali diharapkan bisa terus berinovasi tidak hanya bertumpu pada kebijakan standar yang selama ini terjadi.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia KNS & I Bali 2017, Candra Ahmadi, S.Kom, MT di sela Konferensi Nasional Sistem dan Informatika yang bertajuk Teknologi Informasi Cerdas dan Ekonomis untuk Kemajuan Perkembangan Daerah di Indonesia yang diselenggarakan di Kampus Stikom Denpasar, Kamis (10/8).

 "Dengan pengembangan teknologi dan informasi dari Bali melalui perguruan tinggi yang ada, diharapkan Bali bisa menjadi pusat informasi dan teknologi Nasional bahkan dunia, dan arahnya sudah ada," ujarnya.

Disebutkan Candra dalam konferensi ini ada sekitar 192 makalah (Papers) yang diterima dan semua makalah itu akan dipresentasikan oleh seluruh peserta yang datang dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

"Hadir dalam konferensi kali ini Prof. Sri Hartati, M.Sc dari Fakultas Ilmu Komputer sebagai pembicara, disamping juga ada sekitar 165 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan membawa sekitar 192 makalah yang akan di presentasikan," katanya.

Hasil dari makalah ini nantinya akan di terbitkan di prosiding, yang kemudian akan dijadikan acuan atau sebagai rujukan dalam melakukan penelitian. Menurutnya, KNS & I merupakan diseminasi hasil dari penelitian.

"Dengan dipresentasikannya makalah tersebut diharapkan masyarakat bisa mengetahui hasil apa saja yang telah dilakukan oleh perguruan perguruan tinggi di Indonesia," kata Candra, sembari menambahkan tolok ukur untuk bisa diterima dalam diseminasi kali ini antaranya, keterbaruan, kualitas dari makalah tersebut, kemudian bebas dari plagiasi.

Dalam kegiatan yang ke 9 ini bidang bidang yang dipresentasikan meliputi, bidang komputer, sistem informasi, atau semua bidang yang berkaitan dengan tekhnologi khususnya komputer. "Perlu diingat, makalah yang diterima dalam kegiatan kali ini yaitu makalah makalah yang terbaik, pasalnya makalah itu nantinya akan dijadikan acuan dalam berbagai bidang kegiatan yang terkait dengan teknologi. Apalagi makalah yang terbaik telah melalui pengujian dari para ahlinya," imbuhnya.

Dikatakan pula sebagian besar hasil penelitian merupakan hasil terapan, karena itu tak pelak banyak hasil penelitian yang telah digunakan pada berbagai sektor atau bidang. " Apalagi di Bali banyak sekali hasil penelitian yang digunakan dalam berbagai bidang khususnya pariwisata seperti, hotel, restoran, travel, transportasi, travel, dan banyak lagi," tutupnya.