Bali Tribune, Senin 23 April 2018
Diposting : 25 April 2017 19:41
Djoko Purnomo - Bali Tribune
persipura
Keterangan Gambar: 
LEWATI HADANGAN – Pemain Bali United Marcos Abel Flores (48) saat hendak melewati hadangan dua pemain Persipura pada laga kedua tim di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu lalu.

BALI TRIBUNE - Bali United masih belum bangkit di kompetisi Liga 1. Usai dikalahkan tuan rumah Madura United 0-2, pekan lalu, giliran tim tamu Persipura Jayapura menekuknya dengan 2-1 di Stadion Kapten U Wayan Dipta, Minggu (23/4).

Dimotori striker Irfan Bachdim dan didukung ribuan Semeton Dewata, Bali United memaksimalkan tekanan ke pertahanan Persipura. Namun sayang, upaya tersebut justru membuat lawan berbalik unggul melalui gol cepat striker Persipura Marinus Manewar di menit ke-4 setelah sontekan kaki kirinya gagal dimentahkan kiper I Made Wardana.

Devisit satu gol, membuat anak-anak Serdadu Tridatu kian intens melakukan tekanan. Beberapa peluang pun didapat pemain depan Bali United Sylviano Comvalius, seperti pada menit ke-6, ke-10 dan menit ke-16. Namun sayang, tendangannya berhasil dimentahkan kiper Persipura Yoo Jaehoon.

Beberapa kali gempuran ke pertahanan Persipura, termasuk peluang yang didapat Irfan Bachdim pada menit ke-31, akhirnya membuahkan hasil bagi Bali United ketika pada menit ke-34 tendangan kaki kiri Sylviano Comalius memanfaatkan umpan Yabes Roni di sektor kiri pertahanan lawan membuat kipper Yoo Jaehoon memungut bola dari dalam gawangnya.

 Kedudukan imbang 1-1 ini tidak bertahan lama, karena pada menit ke-42 tim tamu kembali unggul 2-1. Gol ini lebih karena lengahnya lini pertahanan tuan rumah, yang membiarkan pemain Persipura berkeliaran di daerah berbahaya Bali United.

Lemahnya pertahanan Bali United itu benar-benar dimanfaatkan duet Persipura Yan Pietr Kornelis, Marinus Manewar dan Prisca Womsiwor, sehingga pemain belakang Bali United Abdul Rahman melakukan gol bunuh diri saat hendak menghalau bola serangan dari trio pemain itu, dam bola yang hendak dihalau ke luar lapangan, justru masuk ke gawang Wardana, 2-1 tim tamu unggul hingga jeda pertandingan.

Babak kedua, kedua tim sama-sama bermain menyerang dan sejumlah peluang tercipta. Irfan Bachdim nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-59, sayang sepakannya melambung di atas mistar gawang Persipura.

Peluang emas didapat Ahn Byungkeon pada menit ke-88, namun tendangannya masih melebar ke pojok kiri gawang dan tendangan keras Azka Fauzi pada menit ke-90 yang membentur mistar gawang Persipura Jayapura.

Demikian pula, peluang emas didapat Addison Alves (Persipura) pada menit ke-78 melalui bola gantung, namun mampu ditepis dengan baik I Made Wardana (Bali United).

Hingga wasit Bachrul Ulum asal Sidoarjo meniup peluit panjang skor 2-1 tetap bertahan untuk tim tamu Persipura Jayapura dalam laga itu. Dalam laga itu, wasit mengeluarkan satu kartu kuning untuk pemain Persipura Jayapura Rony Esar pada menit ke-72.

Pelatih Persipura Jayapura Liestiadi mengatakan, pertandingan hari ini patut disyukuri karena berhasil mengalahkan tuan rumah dan ini menjadi kemenangan tim dan pendukungnya untuk ke depannya lebih sukses.

Hal berbeda dikatakan Pelatih Bali United Hans Peter Schaleer, yang mengaku kekalahan ini cukup mengecewakan namun tim berusaha bermain maksimal.

“Anak-anak mampu bermain 90 menit dengan optimal sesuai ekspektasi kita dan banyak peluang yang diciptakan namun tidak mampu diakhiri dengan gol,” ujarnya.