Diposting : 19 April 2019 19:46
Valdi - Bali Tribune
Bali Tribune/Terlihat asap membubung dari gedung pintu keberangkatan, inzet (Arie Ahsanurrohim)

Balitribune.co.id | Denpasar - Terminal Domestik I Gusti Ngurah Rai Bali dilalap api, Jumat (19/4). Akibatnya, 19 penerbangan terpaksa ditunda, di antaranya, Lion 4 flights, GA 5 flights, Nam 2 flights, Batik 2 flights, Wings 1 flight, Air asia 1 flight, Citilink 3 flights, Sriwijaya 1 flight. 

Kebakaran terjadi pada pukul 16.50 WITA, dan berhasil dipadam tiga puluh menit kemudian pada pukul 17.20 Wita. Diduga kebakaran ini dipicu percikan api dari mesin ATM Center. 

Api melahap mulai dari counter chek in hingga merambah ke  ruang boarding past. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. Terkait kerugian materi masih belum bisa diperkirakan.

"Saat ini memang untuk terminal keberangkatan domestik kita berhenti operasional terlebih dahulu mengingat ada percikan api yang mulai muncul di ATM Center di sisi barat Terminal Keberangkatan Domestik," kata Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim. 

Rencananya para penumpang dari empat maskapai penerbangan yang ditunda keberakatannya akan dialihkan melalui terminal internasional. "Penumpang Garuda, Air Asia, dan Sriwijaya, dan Nam Air akan diupayakan melalui jalur terminal internasional untuk diberangkatkan," kata Arie.

Pantauan di Bandara Ngurah Rai Bali, sejumlah penumpang masih berkumpul di Posko Keamanan Terbadu. Perkiraan penumpang domestik yang tertunda keberangkannya mencapai ratusan orang. "Ada penundaan penerbangan. Jumlah penumpang domestik sekitar 500 sampai 800 orang," kata Arei.

Sementara beberapa mobil pemadam kebekaran juga masih standby di depan pintu masuk keberangkatan domestik. Serta aktivitas operasional di Terminal Domestik terhenti sampai selesainya proses pemulihan. Sedangkan aktivitas operasional dan penerbangan melalui Terminal Internasional saat ini masih berjalan normal.