Diposting : 31 July 2019 23:47
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ KUNJUNGAN - Perwakilan Pemerintah Bangladesh melakukan kunjungan ke MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar, Selasa (30/7).
balitribune.co.id | Denpasar - Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma Kota Denpasar mendapat kunjungan kerja Study Banding (Banchmarking) dari Perwakilan Pemerintah Bangladesh dipimpin Sekretariat Bersama Divisi Pemerintah Lokal Bangladesh, Habibur Rahman, Selasa (30/7). 
 
Rombongan diterima Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Mandala Putra didampingi Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, serta OPD terkait lainya di MPP Sewaka Dharma, Denpasar.
 
Dalam paparannya, Sekretariat Bersama Divisi Pemerintah Lokal Bangladesh, Habibur Rahman mengatakan kedatangan rombongan Study Banding (Banchmarking) dari Perwakilan Pemerintah Bangladesh ini dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun tata kelola pemerintahan serta penyediaan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat Bangladesh. Dimana, saat ini Kota Denpasar telah memiliki pelayanan publik dengan standar yang sudah baik.
 
“Tentunya kedatangan kami dengan agenda Banchmarking ini adalah untuk mempelajari bagaimana pelayanan publik di Kota Denpasar yang terpadu dan satu pintu, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang juga akan kami terapkan di Bangladesh,” jelasnya.
 
Sementara Sekretaris DPMPTSP Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Mandala Putra menekankan bahwa konsep pelayanan publik di Kota Depasar tak lepas dari visi pembangunan Kota Denpasar sebagai kota kreatif berwawasan budaya dalam keseimbangan menuju keharmonisan. Hal inilah yang  menjadi landasan dalam memberikan pelayanan yang bergerak dalam balutan motto Sewaka Dharma yang artinya melayani adalah kewajiban.
 
Lebih lanjut dijelaskan, Pemkot Denpasar bersama seluruh jajaran senantiasa meningkatkan produk inovasi, khususnya di bidang pelayanan publik. Hal ini dilaksanakan dengan memadukan teknologi dan informasi sebagai wujud aplikasi Denpasar Smart City. 
 
“Graha Sewaka Dharma ini merupakan gedung Mal Pelayanan Publik Kota Denpasar dengan beragam pelayanan langsung oleh 16 OPD dan organisasi vertikal dengan konsep pelayanan terpadu yang terintegrasi,” paparnya.
 
Mandala Putra turut mengucapkan terimakasih atas dipilihnya MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar sebagai lokasi Banchmarking Pemerintah Bangladesh. “Tentunya kami mengucapkan terimakasih atas apresiasi serta dipilihnya Kota Denpasar sebagai lokasi study banding, dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam mendukung pelayanan yang maksimal bagi masyarakat,” terangnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, seluruh rombongan didampingi OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar turut melihat secara langsung proses pelayanan di MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar. Peninjauan dimulai dari Pelayanan Perizinan, Pelayanan dari organisasi vertikal, Disdukcapil, hingga Damamaya Cyber Monitor. Selain itu, beragam inovasi dan terobosan pembangunan dan pelayanan di Kota Denpasar turut dipaparkan, mulai dari Damakesmas, Si-Darling, Penataan Sungai, serta objek wisata di Kota Denpasar. (u)