Diposting : 21 November 2019 00:05
Valdi S Ginta - Bali Tribune
Bali Tribune/ OGOH-OGOH – Menjelang hari Raya Nyepi seluruh Seka Teruna di Badung menerima anggaran untuk membuat ogoh-ogoh. Tahun 2020 nanti anggarannya naik dari Rp 24 juta menjadi Rp 40 juta.
balitribune.co.id | Mangupura - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung sudah memasukkan anggaran di dalam RAPBD tahun 2020 untuk ogoh-ogoh serangkaian Hari Raya Nyepi. Per sekaa teruna menurut rencana akan diberikan bantuan sebesar Rp 40 juta. Bantuan ini naik Rp 16 juta dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 24 juta per sekaa teruna.
 
Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung Ida Bagus Anom Bhasma mengakui anggaran untuk bantuan ogoh-ogoh sudah masuk dalam RAPBD tahun 2020. Hanya saja, ia menyebut untuk besaran tergantung keputusan Bupati Badung.
 
"Yang jelas sudah masuk dalam RAPBD tahun 2020 yang saat ini masih proses pembahasan,” ujarnya, Selasa (19/11).
 
Namun, untuk besaran yang akan diberikan kepada masing-masing sekaa teruna sebagai pembuatan ogoh-ogoh sepenuhnya akan diputuskan oleh bupati. “Tapi, terkait nominalnya (besaran bantuan) sesuai kebijakan pimpinan," kata Anom Bhasma.
 
Pun demikian, pejabat asal Desa Taman, Abiansemal ini mengakui ada rencana kenaikan sebesar 40 persen dari tahun sebelumnya. Yaitu dari Rp 24 juta menjadi Rp 40 juta atau naik sebesar Rp 16 juta.
 
"Untuk ditahun 2020 memang dirancang setiap sekaa teruna di anggarkan Rp 40 juta,” terangnya.
 
Di Kabupaten Badung ada sebanyak 534 sekaa teruna. Semua sekaa teruna ini masuk daftar penerima bantuan ogoh-ogoh. “Semua sekaa teruna yang buat ogoh-ogoh untuk Nyepi dapat (bantuan, red),” tegas Anom Bhasma.
 
Sebelumnya, rencana kenaikan bantuan ogoh-ogoh ini juga dilontarkan langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri HUT St di Banjar Selat, Sobangan beberapa hari lalu. Dalam kesempatan itu, bupati menegaskan bahwa bantuan ogoh-ogoh akan dinaikkan menjadi Rp 40 juta.
 
"Tyang (Saya) sampaikan untuk sekaa teruna, untuk ogoh-ogoh tahun 2020 penyepian ini, sudah pasti per sekaa teruna dari 534 akan diberikan uang sebesar Rp 40 juta untuk membuat ogoh-ogoh," kata bupati.