Diposting : 6 September 2017 17:47
Redaksi - Bali Tribune
Basket
Keterangan Gambar: 
Tim Basket Putri Gianyar behasil merebut medali emas setelah menekuk Badung di final cabor basket Porprov Bali XIII, Selasa (5/9).

BALI TRIBUNE - Tim basket putri Gianyar berhasil mempersembahkan medali emas pertama bagi kontingen Gianyar di ajang Porprov Bali XIII/2017 setelah di final menang telak atas tim basket putri Badung 61-32 di GOR Kebo Iwa Gianyar, Selasa (5/9).

Sontak gemuruh sporter Gianyar memenuhi GOR Kebo Iwa dan senyum kebanggaan juga tampak dari wajah Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra didampingi Ketua Umum KONI Gianyar, Ketut Jagrasunu serta Ketua Harian KONI Gianyar, Pande Made Purwata yang turut hadir memberikan semangat.

Tanpa perlawanan yang berarti dari Badung, anak asuhan Kadek Darmawan menutup kuarter pertama dengan 24-4, kemudian 30-6 di kuarter kedua. Di kuarter ketiga Badung sempat berusaha keluar dari tekanan, namun dominasi Dewa Ayu Made Sriartha dkk tak mampu dibendung oleh anak asuhan Ketut Bintara Suyasa dan menutup kuarter ketiga dengan 44-17. Akhirnya tim putri Gianyar menyudahi Badung di kuarter keempat dengan 61-32.

Dengan kemenangan ini tim basket putri menjadi penyumbang emas pertama bagi Gianyar pada Porprov XIII yang bakal dibuka 17 September mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Kemenangan ini sekaligus membayar penantian tim basket putri Gianyar untuk merebut medali emas di ajang porprov.

Pelatih Basket Putri Gianyar, Kadek Darmawan mengungkapkan, kali ini merupakan perolehan emas yang pertama dimana pada porprov sebelumnya di Buleleng, Gianyar hanya mampu meraih perunggu. Sebelum menghadapi laga final, Darmawan mengaku menyiapkan anak asuhnya dengan lebih memantapkan dari sisi pertahanan. Karena berkaca dari pertandingan sebelumnya, dia nilai sisi ini anak asuhnya masih kurang disiplin. 

Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra mengatakan, raihan medali emas untuk Gianyar yang pertama kali disumbangkan oleh basket putri merupakan prestasi membanggakan. Dimana, ini merupakan untuk kali pertama basket putri Gianyar mampu tembus final dan tampil sebagai pemenang.

Mahayastra berharap prestasi ini nantinya mampu membangkitkan semangat atlet-atlet lain untuk memberikan yang terbaik bagi Gianyar pada ajang porprov tahun ini, terlebih Gianyar selaku tuan rumah. “Ini pretasi membanggakan. Mereka merupakan pahlawan-pahlawan kita di bidang olahraga dalam ajang Porprov XIII. Saya berharap prestasi ini dapat ditularkan pada cabor lain,” tegas Mahayastra.

Sebelumnya, Wabup Mahayastra juga berkesempatan meninjau persiapan pembukaan Porprov XIII yang akan dilaksanakan 17 September mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Pada pembukaan Porprov XIII nanti akan dimeriahkan ribuan penari dari tingkat SD hingga SMK serta sekaa Kecak Bona dengan menampilan tarian kolosal garapan Made Sidia, Sanggar Paripurna Bona.