Bali Tribune, Sabtu 23 Juni 2018
Diposting : 11 January 2018 22:10
Agung Samudra - Bali Tribune
Sudhi Wadani
Keterangan Gambar: 
Salah seorang warga asing menerima arahan dari PHDI Bangli serangkaian niatnya memeluk Agama Hindu yang ditandai dengan melaksanakan ritual Sudhi Wadani di kantor PHDI setempat, Rabu (10/1) kemarin.

BALI TRIBUNE - Untuk menjadikan seseorang beralih agama maka beberapa syarat harus dipenuhi. Tidak terkecuali ketika beralih agama sebagai Pemeluk Agama Hindu maka salah satu syarat penting yang mesti dijalani adalah, melaksanakan ritual Sudhi Wadani.


Demikian diungkapkan Ketua PHDI Bangli, I Nyoman Sukra ,Rabu (10/1) kemarin. Kata mantan Kadisdikpora Bangli ini, untuk prosesi upcara sudhi wadani disaksikan  dan disahkan oleh PHDI Bangli.


Menurut Sukra, hingga akhir tahun 2017 lalu, PHDI Bangli mencatat sebanyak 45 orang telah mengikuti ritual sudhi wadani. Sebagian besar berasal berasal dari luar Bangli. Dan, tidak sedikit pula merupakan warga negara asing.


”Warga negara asing diantaranya berasal dari Francis dan Australia,” sebutnya.


Dikatakan Sukra, mereka secara iklhlas  memutuskan menjadi pemeluk Agama Hindu karena kemauan sendiri dan, sebagian atas dasar pernikahan.


Humas PHDI Bangli Ida Bagus Semara Manuaba menambahkan, seseorang yang memeluk agama lain kemudian masuk Hindu, harus bisa bertanggung jawab secara hukum.
“Yang bersangkutan harus mampu bertanggung jawab atas pilihanya itu,” tegas Ida Semara.


Ida Semara menambahkan, untuk proses memang berjenjang artinya  diawali mengajukan perhomonan ke PHDI.dengan melampirkan   surat perwalian, persetujuan orang tua yang bersangkutan.


Berbekal data yang dilampirkan , akan ditindaklanjuti PHDI dengan melakukan n pengecekan serta interview. Tujuannya adalah, untuk memastikan bawasanya yang bersangkutan sungguh-sungguh nantinya melaksanakan ajaran agama Hindu.


"Intinya masuk Hindu atas hendak sendiri sesuai hati nurani, kami tidak ingin ada paksaan dari pihak manapun. Bila ada pihak yang memaksakan pengajuan akan kembali dipertimbangkan ," imbuhnya


Selanjutnya akan dilakukan pembinaan yang nantinya bisa dijadikan bekal dalam melaksanakan ajaran agama Hindu.


"Kami memberikan pemahaman tentang ajaran agama Hindu, dasar-dasar agama yang bisa dijadikan pedoman. Khusus untuk orang lokal, biasa akan didampingi perangkat desa seperti kelian adat, yang juga akan membantu memberikan pemahaman terkait Agama Hindu," lanjut Ida Semara.


Dikatakan pula, untuk tahun ini PHDI Bangli memiliki program, yakni mengumpulkan mereka yang telah melaksanakan upacara Sudhi Wadani. "Sesegara mungkin program ini bisa terlaksana, karena tujuan untuk diberikan pembinaan lebih lanjut, serta membangun komunikasi sesama umat Hindu," pungkasnya.