Diposting : 18 June 2019 22:39
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/GUNUNG AGUNG - Wisatawan sembari berenang menikmati pemandangan alam di Karangasem
balitribune.co.id | Amlapura  - Menginap disalah satu akomodasi sembari berenang dan melihat pemandangan Gunung Agung bisa menjadi aktivitas liburan yang menyenangkan bersama keluarga setelah lelah melakukan rutinitas sehari-hari. Aktivitas ini sudah menjadi bagian dari tradisi berwisata yang dilakukan oleh wisatawan asing ketika berada di Bali. Seperti yang terlihat pada salah satu villa di Kabupaten Karangasem. Pasalnya saat ini banyak tempat wisata maupun akomodasi yang menghadirkan spot panorama Gunung Agung. 
 
Salah seorang pengelola villa di Banjar Iseh, Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Putu Primawati, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa villa tersebut saat ini menjadi salah satu tempat untuk berlibur. "Hal ini tidak salah, karena lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota," ucapnya.
 
Sebagai tujuan untuk berlibur, tempat ini sangat istimewa karena memiliki sejarah yang panjang dalam industri pariwisata di Karangasem. Villa tersebut sudah menjadi salah satu akomodasi wisata sejak tahun 1937 silam. Selain menghadirkan spot alam, villa ini tetap memberikan suasana bangunan di masa lalu. Pasalnya seluruh bangunan villa masih mempertahankn bangunan aslinya (Bali zaman dahulu). 
 
Prima menjelaskan, sebagian besar ornamen dan konsep bangunan yang ada di villa ini masih tetap dipertahankan dengan baik, sehingga jejak sejarah pariwisata masa lalu masih tetap bisa dirasakan wisatawan. Adapun bentuk ornamennya adalah pintu, lantai, daun jendela dan bentuk bangunannya juga masih tetap sama seperti bangunan aslinya yang dibangun sejak puluhan tahun.
 
"Hanya beberapa bagian bangunan saja yang sudah mengalami renovasi dengan menambahkan furnitur modern pada tempat tidur, toilet dan peralatan makan lainnya. Sehingga wisatawan yang menginap di villa akan merasa nyaman dan bisa menikmati liburan yang menyenangkan," kata Prima.
 
Villa ini memiliki tiga kamar dengan view utamanya adalah pemandangan Gunung Agung yang bisa dilihat dari dalam kamar. Mulai dari Gunung Room yang tempat tidurnya menghadap langsung ke arah gunung. Sehingga ketika membuka mata, pandangan wisatawan akan langsung tertuju melihat Gunung Agung yang berdiri dengan anggun.
 
Kemudian adalah Alas Room, yang letaknya disebelah Gunung Room, meskipun dari kamar ini wisatawan tidak bisa melihat langsung pemandangan Gunung Agung yang cantik dari tempat tidur. Namun, kamar ini menjanjikan pemandangan yang tidak kalah cantiknya dari balkon belakangnya.
 
Dari balkon ini, wisatawan bisa menyaksikan area persawahan milik masyarakat yang masih produktif. 
 
Pihak pengelola villa pun menyediakan paket berenang yang sudah termasuk makan siang. Selain sebagai tempat menginap bagi wisatawan yang ingin menikmati alam perdesaan, villa ini juga memiliki paket wisata untuk wisatawan yang tidak ingin menginap. Salah satunya adalah paket makan siang dan berenang.
 
"Villa yang ada di perdesaan ini memiliki menu makanan yang benar-benar sesuai dengan konsep wisata perdesaan yang dimasak dengan menggunakan bahan baku yang didapat dari area pertanian dan pasar tradisional yang ada di sekitar villa," jelas Prima.