Diposting : 29 October 2018 22:29
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
BERSIHKAN PERANCAK - Pegawai Pemkab Jembrana, TNI-Polri bersama masyarakat bersihkan Pantai Perancak, Minggu (28/10).
BALI TRIBUNE - Dalam rangka Gerakan Indonesia Bersih 2018 serta menjelang berlangsungnya Our Ocean Confrence (OOC) 2018 dan World Habitat Day, Pemkab Jembrana, Minggu (28/10), menggelar gotong royong aksi bersih bersih pesisir yang dipusatkan di Pantai Ujung Muara Desa Perancak, Jembrana. 
 
Pembersihan pantai yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Jembrana ini diikuti ratusan peserta dari anggota TNI, Polri, pegawai Pemkab Jembrana, siswa – siswi sekolah serta masyarakat umum.
 
Kegiatan pembersihan yang dimulai pukul 07.00 Wita dan berlangsung selam dua jam ini juga dihadiri oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Djefri M Hanok, Sekda Jembrana, Made Sudiada, Kabag Sumda Polres Jembrana Kompol Made Prihenjagat. 
 
Dalam laporannya, Kepala Dinas LH Kabupaten Jembrana, I Ketut Kariadi Erawan mengatakan dari hasil bersih–bersih di Pantai Ujung Muara Perancak ini dapat dikumpulkan sampah organic yang mencapai 1.591 kg dan sampah non organic 118kg.
 
Selain membersihkan pantai, diserahkan juga hadiah pemenang lomba Desa Sadar Lingkungan. Juara pertama diraih Desa Penyaringan, Medoyo yang mendapatkan thropy dan uang pembinaan Rp 7 juta, juara kedua diraih Desa Pengeragoan, Pekutatan yang mendapatkan thropy dan uang pembinaan Rp 5 juta dan Desa Budeng, Jembrana sebagai juara ketiga menerima Thropy dan hadiah uang pembinaan Rp 3 Juta. Selain itu, disela-sela aksi bersih pantai ini juga di serahkan dua unit motor roda tiga pengangkut sampah untuk Bank Sampah Pekutatan dan Bank Sampah Perancak.
 
Bupati Artha dalam sambutannya menyatakan harapannya ada kesadaran dari seluruh komponen masyarakat di Desa Perancak untuk menjadikan Pantai Desa Perancak bisa lebih terjaga dan bersih, “kami harapkan timbul kesadaran bersama dimasyakarat untuk menjaga pantai Perancak ini sehingga selalu bersih dari sampah” tegasnya. Bupati Artha menyampaikan apresiasinya atas dilaksanakannya aksi bersih pantai ini, “Mari kita selalu secara bersama – sama untuk melakukan pembersihan pantai dengan orientasi gara pantai kita tetap terjaga kebersihannya” ujarnya.
 
Pihaknya juga berharap Gerakan Indonesia Bersih ini tidak hanya dilakukan dengan melaksanakan pembersihan pantai, namun juga dilakukan mulai dari lingkungan masing masing khususnya dilingkungan rumah tangga dengan pemilahan sampah. “Tidak hanya pembersihan sampah dipantai seperti ini saja, tetapi juga diimplementasikan mulai dari tingkatan rumah tangga seperti dengan pemilahan sampah,” paparnya. 
 
Bupati Artha juga mengintruksikan kepada jajaran OPD terkait agar menyusun regulasi dan anggaran sehingga penanganan sampah bisa di tangani ditingkat desa.