Bali Tribune, Selasa 21 November 2017
Diposting : 12 October 2017 18:22
Release - Bali Tribune
PAUD
Keterangan Gambar: 
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa, meninjau Semeton Karangasem yang terkena dampak erupsi Gunung Agung di Kelurahan Kapal, Mengwi dan Desa Dalung, Selasa (10/10).

BALI TRIBUNE - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa beserta istri belum lama ini meninjau semeton Karangasem yang terkena dampak erupsi Gunung Agung. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah, Posko Pengungsian yang ada di Wantilan Desa Adat Kapal Badung.

"Astungkara atas sinergitas, komunikasi serta koordinasi yang baik antara dua pemerintah ini dan dibantu tim-tim mulai tingkat kabupaten hingga desa/ kelurahan, penanganan semeton Karangasem yang tinggal di Badung sudah berjalan dengan baik," terang Wabup Suiasa disela-sela kunjungan itu.
Menurut dia, Pemkab Badung telah berkomitmen dalam penanganan ini akan melakukan langkah-langkah yang komprehensif dan menyeluruh dari aspek kemanusiaan tersebut.

Dia mencontohkan, anak-anak yang masih jenjang sekolah, Badung sudah siap menampung di sekolah sesuai tingkat pendidikannya dari tingkat PAUD hingga SMA.

“Untuk kesehatan, Tim KBS (Krama Badung Sehat) yang ada di masing-masing Desa atau Kelurahan telah siap melakukan pemantauan kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan ke rumah-rumah atau home care,”imbuhnya.

Di bidang sosial dan tenaga kerja lanjut Wabup Suiasa, Pemkab Badung juga sudah siap memediasi, melalui aparat Kelurahan, Desa dan Desa Adat.

"Disetiap desa ataupun kelurahan sudah ada tim penanganan, yang setiap saat melakukan verifikasi data dan keluar masuknya semeton Karangasem, sehingga nantinya tidak ada satu orangpun yang lepas dari pantauan kita," tegasnya.

Terkait alokasi bantuan, hingga saat ini Pemkab. Badung telah menyerahkan bantuan kepada Pemkab Karangasem sebesar 2,4 miliar. Sedangkan bantuan untuk semeton Karangasem di Badung masih diupayakan secara swadaya oleh tim bersama masyarakat Badung.

Pada kesempatan itupula Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa menyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Badung dan masyarakat Badung yang sudah membantu semeton Karangasem yang tinggal di Badung.

Menurut dia, hal ini merupakan bagian dari rasa menyama braya masyarakat Bali yang tetap terjaga dengan baik.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Karangasem menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung. Kita membuktikan di Bali ini dengan menyama braya dan gotong royong, " ucapnya.

Dijelaskan, dari data tercatat sebanyak 7.154 pengungsi yang tinggal di Badung. Secara keseluruhan semeton Karangasem yang mengungsi diperkirakan lebih dari 185 ribu orang.
Pada kegiatan itu, Wabup Suiasa dan Wabup Artha Dipa secara simbolis menyerahkan bantuan sembako yang terkumpul dari swadaya murni masyarakat Kapal.

Adik-adik pengungsi juga dihibur oleh komponen dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Badung bekerjasama dengan komponen masyarakat Kapal dan Karang Taruna Widya Dharma Bhakti Kelurahan Kapal mengajak bermain anak-anak pengungsi agar tetap gembira.

Berdasarkan data saat ini, pengungsi asal Karangasem di Kelurahan Kapal mencapai 52 orang, Kelurahan Dalung 839 orang dimana 20 orang diantaranya bertempat di GOR Dalung.