Diposting : 20 March 2018 13:54
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
wisatawan
saat lelah bersepeda, wisatawan duduk bersantai di pinggir pantai

BALI TRIBUNE - Aktivitas wisata bersepeda di kawasan Sanur menjadi pilihan alternatif wisatawan selain berjemur di pantai. Saat ini bersepeda menyusuri pantai di kawasan itu kerap dilakukan oleh wisatawan asing maupun domestik bahkan masyarakat lokal. Di sepanjang Pantai Sanur pun, wisatawan tidak sulit untuk menemukan jasa penyewaan sepeda gayung.

Selain itu, fasilitas jalan di sepanjang pantai untuk melakukan kegiatan bersepeda cukup nyaman. Wisatawan pun nampaknya merasakan keseruan bersepeda karena dimanjakan dengan pemandangan pantai. Sepanjang jalur sepeda itu, wisatawan disuguhkan aneka pilihan tempat makan dan minum mulai dari menu lokal dan makanan barat. Bahkan juga terdapat jasa pijat di pantai jika kelelahan setelah melakukan aktivitas bersepeda.

Salah seorang penyedia jasa penyewaan sepeda, Made Taram mengaku disaat sepi pengunjung, dalam sehari rata-rata 3 sepeda yang disewa wisatawan. Namun ketika momen liburan biasanya dalam sehari 15 sepeda disewa wisatawan asing, domestik maupun lokal.

Menurut Taram yang memiliki 15 sepeda gayung ini, karena banyaknya penyedia jasa sewa memberikan kemudahan wisatawan untuk mendapatkan sepeda. Pemilik sepeda rata-rata memberikan tarif penyewaan Rp 15 ribu per jam. "Kalau yang sewa per jam kebanyakan orang lokal," katanya saat ditemui kemarin di Pantai Segara Ayu Sanur, Denpasar.

Dia menuturkan, wisatawan asing kerap menyewa sepeda lebih dari sehari. Bahkan ada juga yang menyewa selama sebulan tergantung lama menginap di hotel-hotel kawasan Sanur. Sementara untuk wisatawan asing pihaknya memberlakukan tarif Rp 25 ribu per jam.

Lanjut Taram mengatakan apabila sepeda miliknya disewa selama sebulan penuh, maka dalam sehari biaya sewa dihitung Rp 35 ribu. "Tamu dari Belanda paling sering sewa sebulan yang menginap di Sanur," sebut Taram.

Salah seorang warga lokal, Putu Wirat yang ditemui saat melakukan aktivitas sepeda di kawasan Pantai Sanur mengaku jalur bersepeda ini sangat aman karena tidak dilakukan di jalan raya. "Wah ini seru banget, kalau sepeda di jalan kan rada bahaya. Harus berebut sama motor dan mobil," katanya.

Menurutnya, bersepeda di pinggir pantai ini selain sejuk juga dapat menikmati pemandangan pantai. Fasilitas jalan area bersepeda ini pun kata dia cukup bagus. "Sewa sepedanya juga tidak begitu mahal. Menurut saya sepadan sih harga dan kualitas yang saya dapat," ujar Wirat.