Diposting : 29 October 2018 22:49
Ketut sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
BERSIH-BERSIH - Masyarakat gelar aksi bersih-bersih di pantai.
BALI TRIBUNE - Acara ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam rangka  peringatan Hari Habitat Dunia Tahun 2018 dengan tema Municipal Solid Waste Management (Manajemen Limbah Padat/Sampah Perkotaan)  serta bertepatan dengan digelarnya Our Ocean Conference Tahun 2018 yakni suatu konferensi tingkat dunia yang dilaksanakan di Nusa Dua Bali.
 
Kegiatan bersih-bersih pantai ini dilaksanakan pada lima titik wilayah pesisir dan dipusatkan di Pantai Klotok Desa Gelgel, Klungkung. Adapun lima titik tersebut yakni,  Pantai Kampung Kusamba, Pantai Banjar Bias  Pantai Tri Buana, Pantai Segara Kusamba serta Pantai Klotok, Minggu (28/10) pagi.
 
Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur TNI/Polri dan Instansi vertical, masyarakat serta pelajar yang dibagi menjadi lima titik, tumpah ruah mengikuti kegiatan bersih-bersih yang di koordinir langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana. Untuk di wilayah Pantai Klotok sendiri, bersih-bersih dilakukan di area Pura Watu Klotok serta sepanjang pantainya.
 
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta dalam sambutanya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, pihaknya berharap manajemen pengelolaan persampahan disemua lini harus diperhatikan, sampah disektor hulu atau diwilayah perkotaan pada akhirnya akan mempengharuhi kebersihan dan kelestarian pesisir pantai sebagai sektor hilir. “Marilah kita laksanakan kegiatan bersih-bersih pantai dengan niat tulus, sehingga wilayah pesisir terjaga kebersihannya serta memancarkan wibawa dan taksu yang lebih nyata,” ujarnya.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana yang turun langsung dalam kegiatan Gerakan Indonesia Bersih di Pantai Klotok mengatakan jika kegiatan ini selain dalam rangka memperingati peringatan Hari Habitat Dunia Tahun 2018  juga untuk menumbuhkan rasa peduli masyarakat akan kebersihan pesisir pantai yang sering dikunjungi pengunjung, sehingga memberikan rasa nyaman. Ia berharap, dengan kegiatan yang dilaksanakan pagi ini masyarakat dapat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan pesisir, khususnya sampah plastik tidak bocor ke laut. 
 
Dijelaskan A.A Kirana, sampah yang telah dikumpulkan dan dipilah nantinya akan dibawa ke Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang ada di Desa Gelgel. “Harapannya dengan kegiatan ini, masyarakat bisa lebih peduli terhadap sampah dan kebersihan. Sampah yang telah kita kumpulkan hari ini, akan diolah di TOSS,” ujarnya.