Bali Tribune, Sabtu 26 Mei 2018
Diposting : 7 February 2018 17:36
Redaksi - Bali Tribune
Imigrasi
Keterangan Gambar: 
DIPULANGKAN – Tiga turis asal Australia terpaksa dipulangkan setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali lantaran selama penerbangan dari Sydney-Denpasar mereka cekcok mulut di dalam pesawat.

BALI TRIBUNETiga orang warga negara Australia, Jessie Mclean (25) bersama Abby Maree Brown (22) terlibat adu mulut dengan seorang pria Michael Paul Cauchi (25) di dalam pesawat Jetstar Airlines JQ-37 rute Sydney-Denpasar, Senin (5/2) pukul 20.40 Wita.

Lantaran mengganggu keamanan penerbangan, mereka akhirnya dipulangkan ke negara asal, dengan pesawat Jetstar Airlines JQ-44 Rute Denpasar-Melbourne-Sydney, Selasa (6/1) pukul 14.25 Wita.

Informasi yang dihimpun Bali Tribune sore kemarin mengatakan, kejadian ini berlangsung saat pesawat sedang mengudara di langit Bali. Tiba-tiba ketiga orang yang duduk bersampingan ini terlihat adu mulut. Paul pemilik paspor PA3367640 terlibat bertengkar dengan dua wanita Abby Maree Brown, pemilik paspor, PA1100547, dan Jessie Mclean berpaspor, N9761240.

“Mereka bertengkar sambil teriak-teriak dan mengucapkan kata-kata kotor. Meski dilerai oleh awak kabin dan para petugas, mereka tidak gubris,” ungkap seorang petugas Bandara Ngurah Rai.

Lantaran ulah mereka sangat mengganggu, awak kabin menginformasikan kepada petugas operasional PT. JAS untuk menunggu dan mengawal penumpang yang bertengkar di pesawat Jetstar Airlines JQ-37 ketika mendarat.

“PT. JAS menginfokan ke pihak Airport Duty Operation (ADO), Walking Patrol Terminal Internasional, Pamtup TNI AU dan Avsec AP1 serta KP3U sudah standby di Gate 9 parking pesawat di Bravo 25 untuk menunggu penumpang tersebut,” terangnya.

Setelah pesawat tiba di gate 9 parking pesawat di Bravo 25, sekitar pukul 21.00.Wita, ketiga penumpang tersebut dibawa ke Kantor Imigrasi terminal kedatangan internasional. Saat itu mereka sempat berteriak- teriak dan tidak kooperatif terhadap petugas.

“Setelah diberikan waktu untuk istirahat, kemudian dilakukan pemeriksaan akhirnya diketahui bahwa ke tiga orang ini terlibat pertengkaran dalam kondisi mabuk akibat alkohol,” terang sumber itu.

Akibat ulah mereka tersebut, pihak Imigrasi kemudian mengeluarkan surat penolakan masuk atau Refusal of Entry. Selanjutnya mereka dibawa menuju holding room terminal keberangkatan internasional pada pukul 22.15 Wita. Lantaran ketiganya masih berperilaku kasar dan mabuk, sehingga mereka baru diberangkatkan siang kemarin.

Kepala Imigrasi Kelas 1 khusus Ngurah Rai Ari Budijanto dikonfirmasi, membenarkan terkait adanya peristiwa tersebut. “Ya, benar. Tapi sore tadi (kemarin - red), mereka sudah diterbangkan kembali ke negara mereka menggunakan pesawat Jetstar Airlines JQ-44 Rute Denpasar-Melbourne-Sydney,” terangnya.