Bali Tribune, Sabtu 23 Juni 2018
Diposting : 13 June 2017 19:32
Bernard MB - Bali Tribune
BIDAN
Keterangan Gambar: 
Lomba bidan praktik mandiri.

BALI TRIBUNE - Bidan Praktek Mandiri (BPM), Kumudasih, Amd.Keb, yang mewakili Bali dalam lomba Bidan Praktek Mandiri (BPM) masuk dalam nominasi tingkat nasional. Dengan masuknya Kumudasi dalam nominasi ini, Bali berpeluang untuk mempertahankan gelar untuk ketiga kalinya, karena pada tahun 2014 dan 2016 lalu BPM Bali meraih juara I tingkat nasional.

Kasudit Rumah Sakit dan dan Klinik Swasta, Bambang Dwiatmoko, S.Sos, M.M., selaku Ketua Tim Penilai ketika didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Bali, Ida Bagus Wirama, S.H., M.Kes. bertandang ke tempat praktek Kumudasih di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung belum lama ini mengatakan, lomba Bidan Praktek Mandiri ini merupakan apresiasi dan bentuk penghargaan dari BKKBN terhadap para bidan, khususnya Bidan Praktek Mandiri.

Sebab, hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) pelayanan KB swasta dari tahun 2002-2012 terus mengalami peningkatan mulai dari 63-73 persen. Dari 73 persen itu dipegang oleh bidang dan juga terus mengalami peningkatan yang positif sehingga bidan dinilai sangat berpotensi dalam pelayanan KB.

“Tujuan tim kami adalah untuk memastikan bidan praktek mandiri ini benar-benar dapat melayani masyarakat dengan baik dan inovasinya terhadap masyarkat di luar bidang KB, Kesehatan Ibu dan Anak juga berjalan baik, seperti keterlibatan dalam BKR, BKR maupun Remaja” ujarnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Bali, IB Wirama, S.H., M.Kes, menyampaikan sejumlah kesuksesan Program KB di Provinsi Bali yang tidak terlepas dari dukungan mitra kerja, salah satunya Bidan. “Sekitar 50% lebih, pelayanan KB yang dilakukan di provinsi Bali dilayani oleh Bidan, dan kualitasnya pun terjaga. Hal ini terlihat dari kecilnya persentase kegagalan di provinsi Bali,” ungkapnya.

Sementara Kumudasih mengatakan, bangga bisa mewakili Bali di tingkat nasional. Menurutnya, sebagai bidan adalah pekerjaan rutinnya setiap hari. Ia berharap dengan adanya lomba Bidan Praktek Mandiri ini dapat meningkatkan kualitas bidan itu sendiri dan juga bagi bermasyarakat. “Saya ucapkan terima kasih kepada IBI, BKKBN yang sudah mendukung saya dalam lomba ini, dan saya harapkan kunjungan akseptor KB, khususnya MKJP meningkat dan tentunya sebagai wakil provinsi Bali bisa memperoleh yang terbaik di tingkat nasional ,” ujarnya.

Kumudasih masuk sebagai 6 besar yang telah menyisihkan peserta lainnya dari 33 provinsi di Indonesia. Kelengkapan Adminsitrasi, sejumlah kegiatan dan fasilitas Praktek pun dinilai pada saat kunjungan.