Bali Tribune, Senin 16 Juli 2018
Diposting : 3 January 2018 19:55
Djoko Purnomo - Bali Tribune
PON
Keterangan Gambar: 
Ketut Suwandi

BALI TRIBUNE - Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi menegaskan Bali memiliki banyak kelebihan dibanding provinsi lain yang ikut bidding sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Kelebihan-kelebihan inilah yang nantinya akan dipaparkan kepada tim verifikasi ketika datang ke Bali.

 “Tentu, nanti akan ada tim verifikasi yang datang ke Bali melakukan verifikasi tidak saja terhadap sarana olahraga, tetapi juga fasilitas penunjang lainnya, dan kami banyak punya kelebihan dibandingkan provinsi lain yang turut bidding,” ujar Ketut Suwandi ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/1).

Suwandi kemudian menyebut beberapa kelebihan Bali, yakni di bidang transportasi dan akomodasi, yang melebihi provinsi kompetitor dalam mengajukan diri sebagai host atau tuan rumah PON XXI/2024. Selain itu, Bali juga punya stadion bagus, yakni Stadion Dipta di Gianyar, yang juga bakal ditunjukkan ke tim verifikasi.

“Memang sampai saat ini masih belum ada kepastian tim verifikasi untuk PON 2024 datang ke Bali. Tapi perkiraannya Januari atau Februari nanti. Kami sudah siapkan apa yang harus kami tunjukkan ke tim verifikasi itu,” kata Suwandi.

Paling utama tim verifikasi nantinya bakal ditunjukkan andalan utama Bali yakni, transportasi dan akomodasi. Pasalnya kedua sektor itu sudah tidak diragukan lagi untuk daerah pariwisata tersohor seperti Bali.

“Sedangkan untuk sisi lainnya seperti venue bakal kami tunjukkan Stadion Dipta di Gianyar, GOR Lila Bhuana Denpasar, GOR Purna Krida Kerobokan Badung dan GOR Mengwi. Termasuk Stadion Ngurah Rai yang bakal dijadikan stadion utama, jika Bali nantinya benar-benar menjadi host PON XXI,” terang Suwandi.

Tak hanya itu saja, terkait SDM diakuinya jika Bali tak pernah kalah dibanding SDM provinsi lainnya, infrastruktur dan sarana-sarana penunjang lainnya. Intinya Bali pasti akan memberikan yang terbaik jika menjadi host PON nantinya.

“Tapi kami juga berharap dukungan dan perhatian besar untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk turut membantu agar hotel-hotel yang nantinya menjadi tempat menginap kontingen provinsi lain bisa memberikan potongan. Syukur-syukur jika potongannya sampai 50 persen. Jadi itu nanti bisa menringankan dan imbasnya maka provinsi lain bakal mendukung Bali menjadi tuan rumah PON XXI,” demikian Suwandi.