Bali Tribune, Kamis 21 Juni 2018
Diposting : 24 May 2018 00:29
Khairil Anwar - Bali Tribune
Bimtek
Keterangan Gambar: 
Suasana Bimtek Penguatan SDM bagi para penga
BALI TRIBUNE - Guna meningkatkan kapasitas dan penguatan SDM pengawas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pemkab Buleleng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, Selasa (22/5) kemarin menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas SDM. Dibuka Wakil Bupati dr.I Nyoman Sutjidra, kegiatan itu diperuntukkan bagi para pengawas BUMDes se-Buleleng.
 
Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng, I Gede Sandhiyasa mengatakan, peserta Bimtek ini sebanyak 120 orang terdiri dari 110 orang pengawas BUMDes,satu orang tenaga ahli Kabupaten, dan sembilan orang pendamping desa.
 
Menurut Sandhiyasa, Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengawas BUMDesa terhadap tugas pokok dan fungsinya selaku pengawas.
 
”Saya sangat memandang penting adanya Bimtek ini agar nantinya BUMDes yang dilaksanakan betul-betul pada jalur dan tujuan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat desa,” ujarnya.
 
Sementara itu, Wakil Bupati dr. I Nyoman Sutjidra dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu menegaskan, masih banyak BUMDes yang masih kurang paham tentang administrasi.
 
Ditambahkan Wabup Sutjidra, selain untuk memahami administrasi, BUMDes juga diharuskan mampu menciptakan inovasi untuk menonjolkan potensi desa.
 
Wabup Sutjidra berharap, desa-desa yang belum memliki BUMDes agar segera membentuk BUMDes.”Dengan ADD yang ada, desa bisa membentuk BUMDes menggunakan dana tersebut, karena BUMDes bisa memutar roda perekonomian di desa sehingga desa tersebut bisa menjadi desa yang mandiri,” tandasnya.
 
Pada kegiatan itu hadir selaku narasumber yakni, perwakilan DPMD Provinsi Bali dengan materi Kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam Pengawasan BUMDes, Perwakilan BPKP Provinsi Bali dengan materi Peningkatan Akuntabilitas Pengawas BUMDes, Kasuddit III Ditreskrimsus Polda Bali dengan materi Peran Kepolisisan dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dan, Inspektorat Kabupaten Buleleng dengan materi Mekanisme Penyusunan Hasil Pengawasan BUMDes.