Bali Tribune, Senin 23 Juli 2018
Diposting : 25 July 2017 20:07
Bernard MB - Bali Tribune
BKKBN
Keterangan Gambar: 
Harganas BKKBN

BALI TRIBUNE - Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV telah diperingati secara berturut-turut sejak tanggal 21 Juni 2017 di Amlapura, Karangasem dan dilanjutkan dengan peringatan secara Nasional di Bandar Lampung, Sabtu (15/7)  yang lalu. Tak hanya itu, Jumat (21/7) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali juga menggelar acara syukuran intern. Kali ini, Harganas diperingati dengan agenda bernuansa kekeluargaan serta melibatkan sesepuh Perwakilan BKKBN Bali dan juga Dinas P3AP2KB Kota Denpasar berserta PKB/PLKBnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Bali, Ida Bagus Wirama, SH., M.Kes. mengungkapkan antusiasnya menyambut Harganas tahun ini. Menurutnya, Harganas bukanlah sekadar peringatan yang dilaksanakan tanpa landasan. Seluruhnya telah tercantum dalam Keputusan Presiden (Kepres) nomor 39 tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional. Di hari jadi Harganas ke XXIV, Perwakilan BKKBN Bali juga tak melupa jasa-jasa para sesepuh BKKBN yang terhimpun dalam Paguyuban Juang Kencana. Menurut Wirama, kehadiran sesepuh BKKBN ini merupakan sebuah penghormatan atas program-program yang telah dirintis terkait kependudukan di Bali.

Wirama juga meminta masukan dan saran dari seluruh pihak. Dirinya menyatakan membuka ‘pintu', baik untuk kritik ataupun saran yang dapat membangun dan menyukseskan program-program BKKBN. “Kami akan terus melakukan evaluasi, oleh karena itu kami berharap masukan baik berupa saran ataupun kritik yang membangun bagi program-program BKKBN,” ujarnya.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh pembawa acara Gus Topok yang sampai akhir acara terus menghibur para penonton dengan banyolan-banyolan khasnya. Selain itu juga tampil Band bentukan kepala BKKBN Provinsi Bali, yaitu Gita Swari Kencana yang ikut menyumbangkan beberapa buah lagu. Acara Syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali yang didampingi oleh Ibu Ketua DWP Perwakilan BKKBN Provinsi Bali.

Pada kesempata itu juga diumumkan Juara-juara Lomba Intern dalam rangka peringatan Harganas XXIV di Provinsi Bali, di antaranya lomba makan krupuk bagi anak-anak, Lomba Tenis Lapangan Intern BKKBN, Lomba tenis meja, lomba junjung botol, Lomba kebersihan ruangan. Yang menariknya, pada tahun ini diadakan pemilihan BKKBN Idol, yaitu lomba menyanyi antar bidang BKKBN. Untuk BKKBN Idol, Juara I diraih oleh Bidang KSPK, Dayu Parwati , Juara II Bidang latbang, Dewa Dalem, dan Juara III Bidang KBKR yang diwakili oleh Trio Komang, Amik dan Dayu Lidya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam peringatan Harganas di Amlapura, Karangasem (21/7) Ny. Ayu Pastika menekankan pada 8 fungsi keluarga. Dalam hal ini keluarga memiliki peran sentral, lantaran menjadi pelabuhan utama, tempat persemaian putra-putri bangsa.