Diposting : 11 March 2019 23:00
habit - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Bali Tribune/ray Tersangka spesialis pencuri di Sekolah Dasar (SD)

Mangupura | Bali Tribune.co.id - Selesai sudah petualangan I Gusti Rai Sugiartha (30) di dunia kejahatan. Spesialis pencurian dengan pemberatan (curat) di sekolah-sekolah dasar di wilayah Kabupaten Badung ini dibekuk anggota Reskrim Polres Badung di Jalan Raya Kuanji Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Jumat  (8/3) lalu pukul 03.00 Wita. Lantaran berusaha kabur dan melawan polisi saat diringkus, polisi terpaksa menembak kakinya untuk melumpuhkan.

Penangkapan tersangka berkat laporan dari korban Sekolah Dasar  (SD) 1 Mengwitani di Banjar Gunung Sari Mengwi. Dalam laporan yang dibuat oleh Kadek Deby Andika (27) itu bahwa pada Sabtu (29/12/2018) telah terjadi pencurian dua unit komputer di sekolah itu.

Setelah menerima laporan dengan nomor laporan polisi; LP-B/316/IX/2018/BALI/RES-BDG itu polisi langsung melakukan penyelidikan. Setelah dilakukan penyelidikan yang lebih mendalam, polisi mendapat informasi tentang pelaku.

Setelah mengantongi identitas pelaku, Tim Opsnal dipimpin langsung Kanit I Reskrim Polres Badung, Ipda Ferlanda Oktora melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Hasilnya, Jumat (8/3) pukul 03.00 Wita, pelaku yang pada saat itu melintas di Jalan Raya Kuanji Dalung dengan mengendarai mobil DK 1750 JE berhasil ditangkap.

"Pelaku dilakukan tindakan tegas dan terukur karena mencoba melawan petugas dan mencoba kabur saat ditangkap,” ungkap Kasat Reskrim Polres Badung AKP I Made Pramasetia, SH., SI.k., MH siang kemarin.

Setelah ditangkap dan dilakukan interogasi, pelaku mengakui telah melakukan aksinya sebanyak 23 kali di wilayah Kabupaten Badung.

Sejumlah TKP yang diakui, yaitu di Abiansemal sebanyak 9 tempat, antara lain SD 2 Sangeh hilang 2 unit komputer dan 1 unit printer, SD 3 Sangeh hilang 2 unit komputer beserta keybord, SD 1 Mekarbhuana barang yang hilang 2 unit komputer beserta keybord, 1 unit printer dan 4 unit laptop, SD 3 Abiansemal hilang 2 unit komputer beserta keybord dan 3 unit laptop, SD 1 Blahkiuh hilang 5 unit laptop dan 2 unit komputer, SD 2 Blahkiuh hilang 3 unit komputer dan 1 unit printer, SD 1 Bongkasa hilang 2 unit komputer dan 3 unit laptop dan SD 2 Bongkasa hilang 2 unit komputer.

Sementara di Mengwi ada 8 TKP, di Kuta Utara ada 3 TKP dan 3 TKP lagi yang lokasinya pelaku lupa. "Semuanya adalah sekolah dasar dan barang-barang yang diambil juga sama, yaitu laptop, komputer dan printer," terangnya.

Selain meringkus pelaku, polisi juga mengamankan dua unit mobil dari tangan pelaku masing-masing bernomor polisi DK 1750 JE dan DK 1271 FZ serta satu buah linggis untuk mencongkel pintu. Polisi juga meringkus sang penadah barang hasil curian itu bernama Bagus Ferdian Hidayatulloh (28) di Jalan Tukad Buaji Denpasar.

Dari tanggannya, polisi mengamankan barang bukti 7 unit komputer, PC merk Hp type L3N70AV Pro One 400 G2 dan 6 unit keyboard. "Masih kita dalami dan kembangkan lebih lanjut karena tidak menutup kemungkinan masih ada korban atau TKP yang lain," pungkasnya.ray