Diposting : 13 June 2019 15:17
Ayu Eka - Bali Tribune
Bali Tribune/ratusan gerakan koperasi di Kabupaten Gianyar yang mengikuti pelatihan penambahan pengetahuan SDM
balitribune.co.id | Gianyar - Guna menambah pengetahuan SDM koperasi agar berkualitas di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali Cabang Gianyar dan Ubud bersinergi memberikan pelatihan kepada 140 gerakan koperasi di Kabupaten Gianyar. Kepala Bank BPD Bali Cabang Gianyar, I Made Artawa menjelaskan, pelatihan yang diberikan kepada gerakan koperasi merupakan bentuk komitmen bank milik pemerintah daerah ini untuk menjaga hubungan yang baik antara koperasi dan juga BPD Bali.
 
"Khususnya di Gianyar melalui pelatihan dan pendidikan diharapkan lebih  meningkatkan pengetahuan serta SDM koperasi. Sehingga harapan kita  bisa memberikan program kredit KKLK (kredit kepada lembaga keuangan). Contohnya  koperasi dengan bunga ringan dan persyaratan mudah," jelasnya saat kegiatan di Gedung Plut KUMKM Samuan Tiga, Gianyar (12/6).
 
Ketua Dekopinda Gianyar I Ketut Saban menyampaikan bahwa adanya pelatihan yang dilakukan BPD Bali Cabang Gianyar dan Ubud ini akan membawa dampak baik terhadap koperasi. Kegiatan ini dapat menambah wawasan para anggota gerakan koperasi, apalagi di era MEA seperti sekarang. "Selaku pengurus Dekopinda dengan jumlah koperasi di  Gianyar sebanyak 1222 lebih, ke depannya pelatihan ini dapat secara rutin dilaksanakan karena hampir semua koperasi bergerak di simpan-pinjam," katanya. 
 
Menurutnya, untuk menciptakan koperasi yang berkualitas, dibutuhkan SDM yang berkualitas mengingat sumber pendapatan koperasi adalah kredit. "Dengan mengasah kemampuan kredit yang diberikan BPD Bali dapat membantu memberikan pelatihan,  sehingga dapat mewujudkan koperasi yang bisa mensejahterakan anggotanya," ucap Saban. 
 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gianyar, I Dewa Putu Mahayasa pun mengapresiasi pelaksanaan pelatihan di bidang kredit ini yang dibutuhkan di era milenial. Kata dia, koperasi tidak hanya masalah modal, tetapi yang penting kesiapan SDM serta pelayanan yang berbasiskan teknologi. "Pelatihan kredit oleh BPD Bali apalagi bulan Juni ini ada perayaan HUT Koperasi ke-72 tahun, sehingga melalui mementum peringatan Hari Koperasi, kerja sama BPD dan gerakan koperasi bisa lebih bersinergi membangun perekonomian Kabupaten Gianyar," harapnya. 
 
Dia menyebutkan, di tahun 2015 melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mengukuhkan Kabupaten Gianyar sebagai Kabupaten Koperasi. "Maju mundurnya koperasi terletak dipengelola dan peran anggota koperasi," cetus Mahayasa.
 
Kepala Bank BPD Bali Cabang Ubud, Ida Ayu Sri Wahyuni Darmawati menyampaikan jika semua koperasi yang sudah mempercayakan penempatan dananya di BPD. Melalui pendidikan dan pelatihan ini dapat menambah tingkat kepercayaan koperasi dalam memantapkan program kredit KKLK.  "Kemudahan kredit dapat memberikan pelayanan prima kepada anggota koperasi," imbuhnya. /uni