Diposting : 30 September 2017 12:54
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Twin Hills
Keterangan Gambar: 
Salah satu pengunjung mengambil momen suasana di Twin Hills Bangli

BALI TRIBUNE - Tidak hanya Kabupaten Badung dan Kota Denpasar yang menjadi tujuan wisata. Begitu pula lainnya di Bali seperti Kabupaten Bangli yang identik dengan udara sejuk juga menyimpan destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah, obyek wisata Bukit Guliang atau yang biasa disebut Twin Hills cukup representatif untuk dikunjungi.

Obyek wisata yang satu ini berlokasi di Banjar Guliang Kawan, Desa Bunutin, Kabupaten Bangli, atau tepatnya di kawasan perbukitan yang perbatasan Kabupaten Bangli dan Gianyar. Kawasan Twin Hills memiliki panorama perbukitan yang cantik, sehingga sangat pas digunakan oleh wisatawan sebagai tempat untuk melepas penat dari aktivitas keramaian.

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata Guliang Kawan, Sang Made Wara menjelaskan Twin Hills adalah destinasi wisata alternatif yang saat ini menjadi tujuan wisata tidak saja oleh masyarakat lokal, juga wisatawan asing saat belibur di Bali. "Twin Hills saat ini menjadi salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan," katanya di obyek wisata setempat, Bangli beberapa waktu lalu.

Twins Hills atau bukit kembar adalah Bukit Batu Madeg dan Bukit Jati yang letaknya berdekatan, seolah-olah nampak sepasang bukit kembar. Ketika berada di bukit kembar ini wisatawan bisa menikmati pemandangan alam pedesaan dengan hamparan sawah dan pemukiman penduduk serta birunya lautan di sisi selatan. "Jika cuaca cerah, dari Twin Hills ini wisatawan bisa melihat Pulau Nusa Penida yang membentang dari timur ke barat," sebut Wara.

Menurutnya, anak-anak muda sebagian besar yang doyan berselfie ria ketika berada di Twin Hills. Bahkan dikatakan Wara, bukit kembar ini sering disebut sebagai bukit selfie.

Di tempat ini juga tersedia fasilitas berupa anjungan sederhana berbentuk buritan kapal dan langsung mengarah ke pemandangan laut. "Fasilitas ini sudah bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam pedesaan dari ketinggian Twins Hills," jelas Wara.

Selain berselfie dan bersantai, ada beberapa aktivitas wisata yang cocok dilakukan di kawasan Twin Hills ini. Salah satunya adalah berkemah dan hiking. Hal ini karena areal perbukitan tersebut memiliki lokasi yang tepat untuk berkemah.