Diposting : 31 May 2017 20:55
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Menu
Keterangan Gambar: 
Menu ta’jil di salah satu hotel.

BALI TRIBUNE - Bertepatan Bulan Puasa bagi umat Muslim, hotel-hotel yang ada di Bali menyediakan sejumlah fasilitas untuk wisatawan yang menjalankan ibadah puasa. Fasilitas yang diperlukan wisatawan saat Bulan Puasa di antaranya menu berbuka puasa seperti ta’jil di sore hari dan makanan untuk sahur pada pagi hari.

Meski makanan untuk berbuka puasa dan sahur ini tidak menjadi permintaan khusus dari tamu hotel yang menginap. Namun pihak hotel menyediakan fasilitas khusus untuk Bulan Puasa itu guna memberikan pelayanan kepada wisatawan. Sehingga saat berlibur di Bali, wisatawan yang sedang menjalankan ibadah puasa merasa nyaman bagaikan berada di rumah sendiri.

Menurut penuturan Marcomm Officer Aston Kuta Hotel & Residence, Rizka Fitriana, Selasa (30/5), menu buka puasa ini tersedia dari 25 Mei 2017 hingga 24 Juni 2017 mendatang. Tamu hotel yang berbuka puasa disajikan berbagai pilihan masakan Indonesia secara prasmanan dari pukul 18.00 - 21.00 Wita. Dilengkapi aneka ta’jil seperti kolak pisang, pudding karamel, es blewah, roti greentea, es sarang burung, kurma dan lainnya.

“Memang tidak ada permintaan khusus dari tamu untuk menyediakan makanan berbuka puasa karena kita memang ingin membuat acara tahunan saat Bulan Puasa. Saat Bulan Puasa sekarang ini okupansi sebagian besar diisi oleh wisatawan Asia dan domestik,” katanya.

Sementara itu Director of Sales & Marketing b Hotel Bali & Spa, Putu Juliyanti mengatakan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan pihaknya juga menyediakan fasilitas untuk berbuka puasa. Selain menu buka puasa, pihaknya juga menyediakan free ta’jil bagi wisatawan Muslim yang menginap di hotel tersebut.

“Selain free ta’jil, kami juga menyediakan menu sahur yang sudah bisa dinikmati oleh tamu yang menjalankan ibadah puasa mulai dari pukul 04.00 Wita,” ucap Juliyanti. Hotel lainnya di kawasan Badung juga menawarkan hal yang sama bertepatan Bulan Puasa. General Manager HARRIS Hotel & Residences Sunset Road, I Nyoman Wirayasa mengungkapkan, selain menyediakan sahur dalam set menu maupun prasmanan, ta’jil pun ditawarkan secara cuma-cuma.

“Untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, kami menawarkan paket buka puasa. Paket Bukber ditawarkan dengan harga Rp 115 ribu per orang. Bukan hanya itu, paket meeting Ramadhan juga ditawarkan untuk menambah semangat kerja selama bulan Ramadhan,” ungkapnya.