Diposting : 16 September 2017 16:19
Release - Bali Tribune
Lovina Fiestival
Keterangan Gambar: 
Saat pembukaan Lovina Fiestival di Buleleng

BALI TRIBUNE - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengapresiasi pelaksanaan Lovina Festival 2017 yang dipusatkan di Pantai Lovina Buleleng. Pastika optimis acara ini mampu menjadi promosi wisata yang akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Dengan diselenggarakannya acara-acara seperti ini akan terus bisa meningkatkan kunjungan, sehingga secara perlahan dapat meningkatkan kesejahteraan kita,” kata Pastika sesaat usai menghadiri Pembukaan Lovina Festival 2017, Kamis (14/9).

Menurut Pastika, pemerintah harus terus berusaha keras untuk menambah destinasi wisata agar meningkatkan kunjungan wisatawan. “Agar Bali Utara mampu seperti Bali Selatan, memang perlu usaha keras, destinasi harus ditambah dan dibuat sesuatu yang lain dengan yang di selatan, itu yang harus kita pikirkan,” tegas Pastika.

Pihaknya menambahkan, perlu ada kreatifitas dari pemerintah khususnya Kabupaten Buleleng agar mampu bersaing harus menambah destinasi wisata yang berbeda, sehingga wisatawan akan memiliki banyak pilihan. Jangan sampai destinasi yang dibangun memiliki kesamaan dengan yang sudah ada di wilayah selatan. “Kalau sama tidak ada gunanya mereka kesini, jadi harus beda. Tergantung dari kreatifitas beliau-beliau ini,”ujarnya.

Sebelumnya, Lovina Festival 2017 yang dikemas menarik diharapkan bakal mampu menarik minat wisawatan asing berkunjung ke Kabupaten Buleleng. Rangkaian festival ini diawali dengan melepas ‘tukik’ (anak penyu) ke pantai oleh Gubernur Pastika didampingi Bupati Buleleng, Wakil Bupati Buleleng, dan Ketua BBPD Provinsi Bali. Kemudian dilanjutkan beberapa atraksi yang ditampilkan oleh delapan desa penyangga Lovina.

Lovina Festival 2017 kali ini mengambil tema ‘Enjoy the Difference”, dan akan dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai dengan 18 September 2017. Selain itu juga diagendakan berbagai kegiatan diantaranya performa musik, berbagai joged/tarian, Lovina Colour Run, bondres, yoga dan kegiatan kesenian menarik lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus juga Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna mengatakan, pelaksanaan event ini dirangkai dengan Sail Indonesia dan Wonderful Indonesia. Menurutnya, pariwisata di Bali bukan hanya bertitik lokasi di Bali selatan melainkan juga di Bali utara. Sebab, di Bali Utara terdapat destinasi pariwisata yang masih perlu digaungkan terus menerus.

"Kami memberikan wadah kepada seniman-seniman di desa penyangga Lovina, tampil di lovina festival yang merupakan event promosi wisata di Buleleng. Kegiatan festival tahun ini juga bertepatan dengan kedatangan Yacth dari berbagai negarai dunia," kata Sutrisna.

Perwakilan Kementrian Pariwisata RI, Sularso yang hadir dalam acara itu menjelaskan, destinasi pariwisata Lovina saat ini sudah menjadi alternatif kunjungan favorit bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. "Kawasan wisata Lovina ini, menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Ini tidak terlepas atas peran penting Pemerintah, untuk terus menerus dan gencar mempromosikan destinasi pariwisata dimiliki," jelas Sularso.