Diposting : 17 October 2017 20:16
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Jepang
Gingiro dari Fukuoka Jepang yang akan membantu promosi potensi wisata Buleleng di Jepang

BALI TRIBUNE - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pariwisata Buleleng terus berupaya menggenjot minat wisatawan mancanegara (wisman) berkunjun ke Bali Utara. Guna menarik wisman berwisata ke Buleleng pemerintah setempat dan pelaku industri pariwisata di kawasan tersebut telah mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang seperti hotel, villa, resort serta berbagai atraksi wisata mulai dari wisata alam, budaya, buatan, kuliner dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna dalam pesan elektroniknya kemarin menyatakan bahwa saat ini untuk mendatangkan wisman ke Buleleng terutama pasar Jepang pihaknya dibantu oleh salah seorang warga Jepang. "Kami di Buleleng mendapat bantuan promosi dari salah seorang warga di sana dengan salah satu travel agent di Jepang," terangnya kepada Bali Tribune.

Dikatakannya, warga Jepang tersebut adalah Gingiro yang berasal dari Fukuoka, Jepang telah berkomitmen untuk berupaya mengajak lebih banyak lagi wisman Negeri Sakura mendatangi spot-spot wisata di Buleleng. "Kami juga melakukan testimoni beberapa wisatawan dari mancanegara yang berkunjung ke Buleleng salah satunya Mr. Gahat dari Jerman, beliau sudah 10 hari di Buleleng, dia enjoy," bebernya.

Dijelaskan Sutrisna ada beberapa obyek wisata budaya dan sejarah yang dapat dikunjungi wisatawan saat berada di Kabupaten Buleleng. Diantaranya adalah Klenteng Ling Gwan Kiong, Monumen Yudha Mandala Tama, eks Pelabuhan Buleleng, Puri Agung Buleleng dan lainnya. Selain itu tersedia aktivitas wisata modern salah satunya Krisna Funtastic Land yang berada di dekat Pantai Lovina.

"Aktivitas water sport juga sudah ada di Buleleng mulai dari flying fish, fly boards, parasailing, donut boats, banana boats, canoe dan berbagai jenis permainan menarik lainnya," sebutnya.

Sedangkan bagi wisman yang menyukai wisata pantai bisa mengunjungi Buleleng bagian barat untuk melakukan kegiatan snorkeling dan menyaksikan keajaiban dunia bawah laut Menjangan. Serta menyelam bersama jutaan ikan dan indahnya terumbu karang.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Daerah Bali tahun ini periode Januari-Agustus wisman Jepang yang berkunjung ke Pulau Dewata sebanyak 
173.240 orang. Pihaknya berharap, wisman Jepang menjadikan Buleleng sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pulau Bali.