Diposting : 12 August 2017 12:55
I Made Darna - Bali Tribune
Mekah
Keterangan Gambar: 
Bupati Badung melepas 130 calon Jemaah Haji untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah, Kamis (10/8) di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Badung.

BALI TRIBUNE - Bertempat di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Bupati Badung melepas 130 calon Jemaah Haji untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah, Kamis (10/8). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Nyoman Suendi, Kepala Dinas Kebudayaan  I.B. Anom Bhasma, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Badung I Gst. Agung Gd. Manguningrat, kepala Bagian Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Kepala Bagian Umum Nyoman Suardana, Ketua MUI Badung dan Ketua MUI se Kecamatan di Kabupaten Badung.


Bupati Badung Giri Prasta dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Haji merupakan Rukun ke 5 yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim dimanapun tidak terkecuali umat muslim di Kabupaten Badung. “Untuk itu ucapkan selamat kepada 130 calon jemaah Haji asal Badung yang akan  melaksanakan ibadah haji  dan saya juga doakan agar semoga semua calon Jemaah haji ini menjadi Haji Mabrur. Dalam kesempatan ini saya juga sampaikan agar para calon haji ini selalu mengikuti arahan serta panduan  dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) karena di tempat Suci Mekah tentu memiliki aturan yang berbeda dengan aturan di tempat asal kita serta jangan sampai terpisah dari rombongan,” pesan Giri Prasta.


Lebih lanjut  Giri Prasta mengajak semua umat muslim yang berada di Badung untuk senantiasa menjaga kerukunan serta jangan mudah terpancing provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. “Persatuan ini adalah modal penting dalam pembangunan di Kabupaten yang bertujuan mewujudkan  kesejahteraan masyarakat Badung tanpa memandang suku, ras dan agama,” ajak Giri Prasta.


Dalam kesempatan tersebut Giri Prasta menyerahkan bantuan sebesar Rp. 40 juta kepada Hanika TPHD Badung serta tahun 2018 siap membantu transportasi dari Badung menuju embarkasi Surabaya menggunakan pesawat terbang bukan menggunakan bis seperti saat ini.


Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Badung I Gst. Agung Gd. Manguningrat melaporkan Tahun 2017 kuota Haji Bali sebanyak 695 orang dan  jumlah calon Jemaah haji asal Badung adalah sebanyak 130 orang. Adapun perinciannya laki-laki sebanyak 63 orang, wanita sebanyak 67 orang.


Sementara rincian per kecamatan, kecamatan  Kuta selatan sebanyak 32 orang, Kuta sebanyak 47 orang, Kuta Utara sebanyak 43 orang, Mengwi dan Abiansemal sebanyak 4 orang sedangkan Petang nihil namun diwakili TPHD asal Petang atas Nama Hanika asal Br. Angantiga Petang. “Calon Jemaah haji ini akan berangkat menuju embarkasi Surabaya dan diterima di Asrama Haji Sukolilo Tanggal 11 Agustus 2017 dan akan berangkat menuju Tanah Suci mekah pada tanggl 12 Agustus 2017 serta kembali ke tanah air pada tanggal 21 September 2017," lapornya.