Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 10 June 2016 18:23
redaksi - Bali Tribune
HUT
Keterangan Gambar: 
HADIRI - Bupati Mas Sumatri saat menghadiri pembukaan HUT Kota Amlapura dan Pameran di Stadion Amlapura.

Amlapura, Bali Tribune

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka Festival Karangasem serta Pameran Hasil dan Potensi Pembangunan Kabupaten Karangasem dalam rangkaian memeriahkan HUT Kota Amlapura ke-376 di Lapangan Parkir Timur Stadion Amlapura, Kamis (9/6/).

Kegiatan itu merupakan upaya Pemkab Karangasem dalam mengembangkan potensi masyarakatnya. Karena melalui penyelenggaraan Festival Karangasem serta Pameran Hasil Potensi dan Pembangunan yang dirangkai dengan perayaan HUT Kota Amlapura ke-376 Tahun 2016. Dan Pemerintah Daerah berupaya mengangkat segala bentuk potensi dan kreasi masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Karangasem dalam kegiatan pementasan dan pagelaran seni budaya serta Pameran hasil dan potensi pembangunan Kabupaten Karangasem.

Ketua Umum Panitia Tetap Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura Sekda Kab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, dalam laporanya menyampaikan, tujuan dilaksanakanya Festival Karangasem serta Pameran Hasil dan Potensi Pembangunan Kab. Karangasem dirangkaikan dengan Pra PKB Kab. Karangasem yang bertepatan dengan peringatan HUT Kota Amlapura ke-376 adalah untuk menampilkan visualisasi  segenap hasil dan potensi pembangunan.

Disamping itu, untuk memberi hiburan bagi masyarakat Karangasem yang akan dihibur dengan penampilan kegiatan festival dan hiburan lainnya, sekaligus sebagai motivasi mengembangkan seni budaya dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Kegiatan pameran akan berlangsung selama 15 hari dari tanggal 9 – 23 Juni 2016 dan telah diawali dengan kegiatan Pra-PKB selama tiga hari. Kegiatan Festival melibatkan seluruh komponen masyarakat Karangasem dan pameran hasil dan potensi pembangunan diikuti 110 stand yaitu, 99 stand untuk Pelaku Usaha Usaha Mikro Kecil, 1 stand cadangan dan 10 stand kuliner.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, momentum hari jadi Kota Amlapura ini merupakan event untuk memperkenalkan dan mempromosikan seni dan budaya Karangasem kepada dunia nasional dan internasional dengan harapan kegiatan ini mampu memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan Karangasem pada bidang industri pariwisata berbasis budaya karena pariwisata dan budaya merupakan satu kesatuan yang saling mendukung.

Pembangunan bidang kebudayaan terutama mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya di masyarakat tidak bisa terlepas dari pembangunan sektor pariwisata karena satu sama lain saling terkait. Melalui ajang Festival ini juga diharapkan akan terjalin kerjasama di bidang kebudayaan dengan Kabupaten/Kota se-Bali dan beberapa Kabupaten di luar Bali.

Selain Festival, juga akan diselenggarakan Pameran Hasil dan Potensi Pembangunan Kabupaten Karangasem. Pameran ini merupakan salah satu media untuk menyampaikan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem sekaligus sebagai ajang promosi hasil-hasil produk Kabupaten Karangasem baik yang dihasilkan oleh kelompok-kelompok binaan maupun hasil karya serta kreativitas atau inovasi dari masyarakat Karangasem.