Diposting : 23 June 2016 14:50
I Made Darna - Bali Tribune
job fair
Keterangan Gambar: 
JOB FAIR - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta disaat membuka Job Fair 2016, bertempat di GOR Purna Krida, Kerobokan, Kuta Utara. Job Fair yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 22-24 Juni ini dibuka Bupati, Rabu (22/6).

Mangupura, Bali Tribune

Bursa lowongan kerja (job fair) Kabupaten Badung Tahun 2016, Rabu (22/6) dibuka Bupati Nyoman Giri Prasta bertempat di GOR Purna Krida, Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara. Job fair yang berlangsung dari 22-24 Juni ini menyediakan 4.477 lowongan kerja dari 60 perusahaan.

Pada kesempatan itu, Giri Prasta mengingatkan job fair agar tidak sebatas seremonial belaka. Selain itu ia juga minta perusahaan yang membuka lowongan kerja ini memberi prioritas kepada krama Badung.

“Saya titipkan anak-anak dan adik-adik kami, jadikan skala prioritas di rekruitmen tenaga kerja tahun ini. Berikan kesempatan krama kami, sesuai dengan keahliannya, the right man on the right place,” tegas Giri Prasta.

Tampak hadir dalam acara itu Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Bali, Kepala BP3TKI Provinsi Bali dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Masih terkait dengan bursa lowongan kerja. Bupati memastikan keberpihakan Pemkab Badung pada masyarakat pencari kerja, khususnya untuk krama Badung, dimana hal itu sudah tertuang dalam ‘pro job’ yang merupakan bagian dari tatanan visi dan misi kepemimpinan GiriAsa.

Bahkan, ketika berbicara komitmen, Bupati juga mengingatkan seluruh pihak harus menerapkan pola sinergitastThree partridge (Hubungan antara Masyarakat, Pengusaha dan Pemerintah) harus selaras dan seimbang.

“Dengan pola three partridge itulah saya selaku pemerintah menitipkan anak-anak dan adik-adik kami, kepada seluruh pengusaha yang ada di Kabupaten Badung, baik itu pengusaha pariwisata, jasa, perbankan dan lainnya,” imbuhnya.

Pemkab Badung, kata Giri Prasta akan bekerja keras dalam upaya menciptakan iklim investasi yang kondusif yang aman dan nyaman sehingga para investor mendapatkan kemudahan investasi serta mendapat garanti dari Pemkab Badung. “Melalui komitmen tri partit ini pula kami berharap agar setiap investasi di Badung dapat memperioritaskan tenaga kerja asal Badung,” kata Giri Prasta.

Sementara itu, Ketua Panitia Job Fair 2016 yang juga Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Badung, IB Oka Dirga menyatakan, job fair ini rutin digelar setiap tahun. Job Fair dilaksanakan guna memfasilitas pertemuan antara kedua belah pihak, baik pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja/perusahaan. Dimana kedua belah pihak dapat bertemu secara langsung sehingga mempercepatan proses penempatan,” ujarnya.

Dari catatan Disosnaker Badung, jumlah pencari kerja di Kabupaten Badung sampai akhir Mei 2016, tercatat sebanyak 1.210 orang, dengan tingkat pendidikan terbanyak SMA, Diploma dan Perguruan Tinggi.

Untuk memberikan kesempatan kepada pencari kerja, maka pada Job Fair tahun 2016 ini telah disiapkan 4.477 lowongan kerja, dengan melibatkan sebanyak 60 perusahaan. “Kami informasikan juga, bahwa pelaksanaan bursa kerja secara online, bisa diakses melalui website www.infokerja.naker.go.id,” pungkas Oka Dirga.