Diposting : 9 August 2018 15:48
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Bupati Suwirta luncurkan program Pitra Jagra di RSU Klungkung
BALI TRIBUNE - Pemerintah Kabupaten meluncurkan program pelayanan terintegrasi pemulasaraan dan pengantaran jenazah secara gratis. Program yang diberi nama Pitra Jagra itu dilaunching di RSUD Klungkung oleh Bupati I Nyoman Suwirta, Rabu (8/8) kemarin.
 
Ditandai dengan percikan air suci ke sejumlah kendaraan operasional program Pitra Jagra, Bupati Suwirta dalam sambutannya menegaskan, sebelumnya ini biaya pemulasaran bagi pasien yang meninggal dunia di RSUD Klungkung dibebankan kepada pihak keluarga bersangkutan.
 
Menurut Bupati Suwirta, seiring dengan pemberlakuan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta mengacu pada ketentuan INA CBG’s, bagi peserta JKN maupun Penerima Bantuan Iuran (JKN-PBI) biaya pemulasaran adalah diluar tanggungan program JKN.
 
“Situasi ini kemudian menjadi pemikiran kami untuk dicarikan solusi,” kata Suwirta.
 
Setelah melalui beberapa kajian ungkap Bupati, Pemkab Klungkung kemudian merancang sebuah program yang disebut Pitra Jagra.
 
Dikatakan, pembiayaan bagi program Pitra Jagra ini dibebankan kepada APBD Kabupaten Klungkung.
 
“ Terselenggaranya pelayanan pembebasan biaya pemulasaraandan pengantaran jenazah yang pembiayaannya diinterintegrasikan melalui APBD Kabupaten Klungkung,” lanjutnya.
 
Bupati berharap, melalui program dimaksud dapat membantu beban warga khususnya bagi mereka yang merupakan masyarakat kurang mampu.