Bali Tribune, Sabtu 23 Juni 2018
Diposting : 7 June 2018 17:36
Djoko moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
TES URINE -- Staf Intelijen Korem 163/Wira Satya melaksanakan tes urine dadakan kepada sejumlah personel Denbekang IX-44-03 Denpasar, kemarin.
BALI TRIBUNE - Untuk menjamin terbebas dari penyalahgunaan narkoba, kemarin, Staf Intelijen Korem 163/Wira Satya melaksanakan tes urine dadakan kepada sejumlah personel Detasemen Perbekalan dan Angkutan (Denbekang) IX-44-03 Denpasar di Kantor Denbekang IX-44-03 Denpasar Sudirman, Denpasar.
 
Tes urine tersebut dilaksanakan dalam rangka Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) oleh Staf Intelrem 163/Wira Satya dipimpin Perwira Seksi Intelijen (Pasintel) Korem 163/Wira Satya, Mayor Inf IB Swatama didampingi beberapa staf.
 
"Kita laksanakan tes urine mendadak ini terhadap 31 personel Denbekang Denpasar dan dari hasil pemeriksaan seluruhnya dinyatakan negatif," ujar Mayor IB Swatama, seraya menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin oleh Staf Intelijen Korem 163/Wira Satya setiap triwulannya ke seluruh jajaran, termasuk Badan Pelaksana Aju Korem 163/Wira Satya.
 
Menurut perwira menengah asal Gianyar ini, kegiatan P4GN merupakan program dari Komando Atas dengan tujuan membersihkan prajurit TNI AD beserta keluarga dari bahaya narkoba. Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan seluruh prajurit TNI AD beserta keluarga bebas dari bahaya narkoba dan hal ini juga menjadi komitmen Pimpinan TNI AD yang menyatakan perang terhadap narkoba.
 
Dandenbekang IX-44-03 Denpasar Letkol Cba Moch. Safe'i mengapresiasi pelaksanaan tes urine dalam Program P4GN dan merasa bersyukur personelnya dinyatakan negatif dari pengaruh narkoba. "Hal ini menjadi bagian dari pembinaan personel, termasuk bagaimana mewanti-wanti seluruh anggota dan keluarganya agar menjauhi barang haram yang bernama narkoba," jelasnya.
 
Konsekuensi terberatnya bagi personel yang terlibat masalah narkoba adalah pemecatan terhadap yang bersangkutan, karena sudah melanggar aturan dan tidak bisa menjaga nama baik satuan termasuk harga diri sendiri.jok