Diposting : 6 August 2016 10:31
ayu eka - Bali Tribune
festival
Keterangan Gambar: 
CELUK JEWELRY FESTIVAL - Panitia saat menjelaskan Celuk Jewelry Festival di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Jumat (5/8).

‎CELUK Jewelry Festival yang digelar pertama kali tahun ini diharapkan mampu menjadi salah satu peluang untuk mendukung program Kementerian Pariwisata RI dalam mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2019 mendatang.

Nantinya, Festival ini akan menghadirkan hasil kerajinan perak yang merupakan produk unggulan masyarakat Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Event tersebut, menurut Ketua Panitia Celuk Jewelry Festival, I Ketut Widi Putra, menyasar kunjungan wisatawan asing maupun domestik dari berbagai daerah di Indonesia. Wisatawan/pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai koleksi perhiasan menarik berbahan perak maupun emas yang didesain sentuhan lokal maupun modern.

“Latar belakang festival ini berangkat dari sebuah keinginan untuk mengangkat perekonomian Desa Celuk sebagai pusat industri perak dan emas, serta destinasi wisata sebagaimana diketahui Desa Celuk merupakan pusat kerajinan perak dan emas di Bali,” jelasnya disela-sela konferensi pers Celuk Jewelry Festival di desa setempat, Jumat (5/8).

Dia mengatakan Celuk Jewelry Festival akan berlangsung mulai 6-14 Agustus 2016 mendatang di Wantilan Pura Desa Celuk. Digelarnya festival tersebut dikatakan Widi merupakan perayaan 100 tahun Desa Celuk sebagai desa pengrajin perhiasan perak serta sebagai salah satu aksi nyata dalam mendukung upaya pemerintah untuk mempersiapkan seluruh komponen masyarakat menghadapi persaingan global.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali serta Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Bali, ‎Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), menyambut baik festival tersebut guna mengangkat kembali Desa Celuk sebagai pusat kerajinan perak dan emas. “Festival ini merupakan kesempatan untuk membantu mencapai target pemerintah pusat 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019,” ucapnya.

Cok Ace mengharapkan, festival tersebut bisa rutin terus diadakan kedepannya. Sehingga BPPD Bali kata dia akan memasukan Celuk Jewelry Festival ke dalam daftar kegiatan Event of the Year untuk dipromosikan di dalam maupun luar negeri. Event of the Year merupakan kalender kegiatan yang dilakukan oleh komponen pariwisata untuk menarik kunjungan wisatawan.