Diposting : 11 December 2017 21:54
I Made Darna - Bali Tribune
Disdukcapil
Keterangan Gambar: 
Bentuk contoh dari KIA

BALI TRIBUNE - Pemkab Badung akan segera melounching Kartu Indentitas Anak (KIA). Sebagai tahap awal, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat telah mencetak 500 keping KIA dari ribuan permohonan.

Putu Suryawati selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung, menjelaskan KIA yang dicetak belum dibagikan karena masih menunggu waktu yang tepat.

“Masih menunggu jadwal dari bapak bupati dan wakil bupati. Yang jelas kami targetkan tahun depan (2018) kami bakal lauching,” kata Suryawati.

Untuk pengadaan blangko, ia menyatakan, sepenuhnya menjadi tanggungngan pemerintah daerah. Pemkab Badung mengalokasikan anggaran sebesar Rp 330 juta untuk program yang diperintahkan langsung oleh Mendagri ini. Anggaran yang bersumber dari APBD Badung ini diproyeksikan untuk 60 ribu keeping KIA.

Sampai saat ini, Suaryawati menyebut Disdukcapil telah menerima kurang lebih 3.000 permohonan dari masyarakat. Namun, yang dicetak baru 500 keping. “Permohonan yang masuk dari kepala lingkungan ada 3.000. Tapi kalau pencetakan baru dapat 500 keping,” ujarnya.

Untuk mempercepat proses pencetakan, Disdikcapil telah mengupayakan kerja lembur. Bahkan pada hari libur pihaknya tetap kerja. “Pencetakan kami tetap jalan terus. Sabtu pun kita kerja,” jelas Suryawati sembari menambahkan bahwa program KIA ini anggarannya berbeda dengan e-KTP. Kalau e-KTP blanko diberikan oleh pemerintah pusat, sedangkan KIA ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah.