Bali Tribune, Senin 23 Juli 2018
Diposting : 12 January 2018 18:35
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
Pilgub
Keterangan Gambar: 
I Komang Gede Sanjaya

BALI TRIBUNE - Deklarasi Cagub-Cawagub PDIP, Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (KBS-ACE), di Tabanan, yang akan dilaksanakan hari Minggu (21/1/2018) nanti, di Lapangan Wagimin Tabanan, akan dihadiri sekitar 10.000 massa dan parade budaya yang akan menampilkan ratusan sekaa kesenian yang ada di Tabanan. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC PDIP Tabanan, yang juga Ketua Tim Pemenangan KBS-ACE di Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, rabu (10/1) diakhir perayaan HUT PDIP ke 45 di Tabanan.

Menurut Sanjaya, deklarasi KBS-ACE di Tabanan nanti tidak sekedar deklarasi namun juga akan menampilkan parade budaya, yang akan menghibur masyarakat Tabanan. Dimana masing-masing PAC dan Fraksi akan menampilkan kesenian dan tradisi di Kecamatan masing-masing. Dimana pada deklarasi nanti akan menampilkan 200 sekaa baleganjur, 100 sekaa Okokan, 500 penari rejang renteng, 100 sekaa barong bangkung dan lima barongsai.

“Nanti kurang lebih akan mendatangkan 10 ribu massa, dengan menampilkan parade budaya masing-masing Kecamatan. Jadi deklarasi KBS-ACE yang diselenggarakan oleh DPC PDIP Tabanan ini hajatan politik yang bernuansa seni budaya dengan parade budaya, dengan tema gotongroyong mengembalikan taksu Bali,” jelas Sanjaya. Dia menambahkan pada deklarasi nanti juga akan dilakukan deklarasi beberapa komponen masyarakat.

Ada deklarasi dari komponen petani, buruh, nelayan. Karena PDIP identik dengan partai wong cilik semua masyarakat petani melakukan deklarasi. Selain itu ada beberapa komunitas akan melakukan deklarasi seperti komunitas club motor dan mobil yang akan ikut deklarasi. Selain itu menurut sanjaya selain partisipasi dari kader dan beberapa komponen masyarakat Tabanan, juga dari umat Muslim akan menampilkan kesenian mereka seperti adrah dan rodrat, selain itu juga dari umat tionghoa akan mengeluarkan barongsai. Selain itu pada tanggal 21 nanti kadidat akan diarak menggunkan kereta kencana dari Taman Kota menuju Lapangan Wagimin.

Terkait target kemengan KBS-ACE di Tabanan, menurut Sanjaya Tabanan ditarget 75 persen oleh DPD PDIP Bali. Namun menurutnya hal tersebut tidak terlalu sulit karena kemarin Eka-Jaya pada Pilkada 2015 di Tabanan menang 65 persen. “ Dengan kekuatan penuh nanti kita memenangkan Pilgub ini, ada Fraksi kita di DPR RI, Propinsi dan Kabupaten, serta ada sekitar 5.000 pengurus Partai di Tabanan, dari DPC hingga Anak Ranting, saya kira optimis bisa tercapai 70 persen,” ungkapnya.