Diposting : 12 October 2017 18:06
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
barong bangkung
Keterangan Gambar: 
MENGIRINGI - Dua barong bangkung dan ranggda ikut mengiringi kader PDIP Tabanan ke kantor KPU, Rabu (11/10).

BALI TRIBUNE - Nuansa budaya mewarnai penyerahan berkas daftar nama keanggotaan, alamat, salinan KTA dan KTP elektronik atau surat ketarangan DPC PDIP Tabanan ke kantor KPU, Rabu (11/10). Ratusan kader PDIP Tabanan mengenakan pakaian adat madya  tiba di kantor KPU sekitar pukul 14.00.  Mereka long march dari Taman Makan Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan diiringi baleganjur, drum band. Tidak ketinggalan dua barong bangkung dan ranggda ikut mengiringi kader PDIP Tabanan yang dipipin langsung Ketua DPC PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

I Komang Gede Sanjaya menjelaskan pihaknya sengaja menampilkan nuansa budaya dalam penyerahan berkas ke KPU. Selain karena ada instruksi dari partai yang intinya menyarankan agar menampilkan unsur keunikan, pelibatan baleganjur, drum band, barong bangkung dan rangda juga menujukan seni budaya yang ada di Tabanan.

Ketua KPU Luh Darayoni mengatakan berdasarkan hasil Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) daftar nama yang harus diserahkan PDIP Tabanan sebanyak 682. Tapi jumlah daftar anggota yang diserahkan 693, foto kopi KTP dan KTA 696. “Kami kembalikan lagi berkas PDIP dan  meminta agar disesuaikan dengan data  yang ada di Sipol,” jelas Darayoni.  Berkas PDIP kemudian dikembalikan lagi untuk disesuaikan dengan data yang ada di Sipol. “Data lebih tidak boleh, apalagi kurang, jadi harus disesuaikan dengan data  yang ada di Sipol,” jelasnya.